PADANG SIDEMPUAN, hetanews.com - Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL, Tuan Rumah adalah Padang Sidempuan, Kamis (14/10/2021) 

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi., serta Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang PRIVASI DAN KEAMANAN DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Ersan Suria Pranoto, BA Hons., M.Sc., memaparkan identitas pribadi dalam dunia nyata yang perlu dijaga di internet, meliputi kartu identitas, detail informasi terkait identitas, perbankan, kode atau barcode, permasalahan keluarga, serta foto atau video yang dapat mengundang pro dan kontra. Cara menghindari ancaman keamanan di ruang digital, antara lain jaga etika dan tata bahasa, jangan asal klik tautan dan unggah konten, filter akun-akun yang diikuti walaupun official, lindungi identitas pribadi di dunia maya, serta selalu wasapda dan jangan langsung percaya. Ditambah pemaparan, oleh Rumini Sukarwati, S.Pd., M.Si., menjabarkan pola asuh anak menghindari pengaruh negatif dari era digital, meliputi tambah pengetahuan orang tua, mengarahkan penggunaan perangkat dan media digital dengan jelas, imbangi waktu menggunakan media digital dengan interaksi di dunia nyata, serta pinjamkan anak perangkat digital sesuai keperluannya.

Menurut, Bagas Kurniawan, tips menghindari penipuan digital, dengan cara pasang kata sandi tambahan di gawai, gunakan kata sandi yang sulit ditebak dan rutin diganti secara berkala, selalu jaga keamanan dan kata sandi email pribadi, tidak membagikan data rahasia kepada siapapun, waspadai permintaan untuk mematikan ponsel sementara, serta mengetik kode khusus di ponsel. Diakhiri dengan key opinion leader, oleh Icha Faisal sebagai Broadcaster memberikan sharing session, berupa pentingnya menjaga keamanan digital agar data pribadi tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain. Selalu menjaga jejak digital tetap bersih dan unggah hal yang positif di media sosial.