SIMALUNGUN, hetanews.com - Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL, tuan rumah adalah Kabupaten Simalungun, (14/10/2021). 

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang MEMAHAMI PENTINGNYA DATA PRIBADI oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang musisi yang akan ikut berpartisipasi.

Melindungi data pribadi menjadi hal terpenting di era digital karena data merupakan aset yang sangat berharga setiap individu. Menurut Hendi Anwar, sebagai Dosen TELKOM University dan CEO Koloni Tri Arsitama, menjelaskan keberadaan internet menjadi tonggak kejayaan teknologi digital yang tak lagi menjadi pilihan tapi menjadi keharusan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan individu maupun bisnis. Tak bisa dihindari, jika kita membicarakan perkembangan teknologi digital, berarti kita harus bicara keberadaan internet. Sebagai pengguna internet harus menghindari berperilaku negatif yang dapat merigukan orang lain. Perlu diwaspadai tentang pentingnya data pribadi dalam menggunakan internet dengan cara menjaga indentitas pribadi di internet seperti gunakan password atau kata sandi yang kuat, gunakan secara berbeda disetiap akun platform digital yang dimiliki, dan perbaharui secara berkala. Selain itu, jangan lupa untuk pahami dan pastikan pengaturan privasi di setiap akun platform digital yang dimiliki sesuai dengan tingkat keamanan yang dibutuhkan. Kita perlu lebih hati-hati mengunggah data pribadi di platform digital karena keamanan data pribadi tidak selalu terjamin.

Selain pembahasan di atas, sebagi pengguna internet untuk memahami pentingnya data pribadi perlu adanya cara beinteraksi di ruang digital yang sesuai etika antara lain, manfaatkan media sosial menjadi sarana berkomunikasi untuk pengenalan budaya dan wawasan yang efektif, manfaatkan media sosial sebagai media bisnis kreatif di tengah pandemi covid-19 ini, dan manfaatkan media sosial menjadi sarana dan media dalam berdakwah,belajar,dan berbagai pengetahuan atau pengalaman yang positif. Tak hanya itu, memahami konsep literasi pada prinsipnya literasi digital menekan kepada kecakapan pengguna media sosial seperti saring sebelum sharing juga perlu. Bahkan menjaga privasi orang lain jauhi yang membuat partner atau orang lain menjadi korban yang merugikan bagi mereka.