SIANTAR, hetanews.com - Mata Publik bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Pers dan Sastra (SAMUDERA) Universitas Simalungun menggelar Diskusi Interaksi dengan tema Menulis Untuk Keabadian, di Gedung Pasca Sarjana USI, Jum'at (22/10/2021) mulai pukul 15.00 WIB - selesai.

Disiarkan langsung di halaman Facebook Matapublik Official, acara ini dimulai dengan hiburan musik dari UKM Kesenian Budaya dan Musik USI, dilanjut dengan musikalisasi puisi dari Abednego Saragih dan UKM KBM sebagai pengiring.

Diskusi yang dibawakan Anugrah Riza Nasution ini, mengundang para penulis buku hebat sebagai narasumber yakni, Abram Christopper Sinaga (Penulis Buku Bandiet-bandiet Van Siantar) dan juga Erlina Siahaan (Penulis Buku dan Duta Literasi Siantar).

Kedua narsumber memiliki persepsi yang sama dalam mengartikan menulis untuk keabadian, yang berarti dengan menulis hari ini, tulisan yang diciptakan penulis masih dapat dibaca dan dinikmati oleh pembaca sampai kapanpun, tulisan merupakan karya abadi.

Menurut Abram, menulis merupakan awal dari segala hal, terkhusus untuk kaula muda masa kini yang suka dan tertarik dengan menciptakan karya lewat video di Youtube harus bisa menciptakan konsep sebelum membuat video, dan konsep itu berupa tulisan.

"Kalau sekarang banyak yg tampil di Youtube, ya semua itu kan harus punya konsep dan konsep itu kan berupa tulisan, supaya lebih terarah, segala sesuatu harus diawali dengan tulisan," ujar Abram.

Erlina yang juga merupakan guru di SMP Negeri 4 Kota Siantar berpesan kepada generasi-generasi muda agar lebih tertarik dan mulai menulis, karena dengan menulis, Erlina percaya hal itu dapat menjadi peluang baru bagi khalayak ramai.

"Mungkin yang kita lakukan tampak kecil, tapi jika ditekuni akan memberi pengaruh besar untuk orang disekitar. Dengan menulis juga kita bisa menciptakan peluang baru, malah selain jadi hobbi, bisa menjadi penghasilan," kata Erlina.

Acara yang juga dihadiri salah satu Dosen USI, Dr Hisarma Saragih selaku responden itu berlangsung lancar ditutup dengan sesi foto bersama dan hiburan musik dari UKM KBM USI.