Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo(Jokowi) meresmikan Jembatan Sei Alalak di Kalimantan Selatan, Kamis(21/10). Jokowi menjelaskan jembatan yang memiliki panjang 850 meter tersebut dibangun menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 278 miliar.

"Jembatan sepanjang 850 meter ini dibangun dengan dana Rp278 miliar dibandung dengan teknologi tinggi dan tahan gempa, diperkirakan mampu bertahan InsyaAllah sampai 100 tahun," katanya saat dalam saluran kanal youtube Sekretariat Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan jembatan tersebut memiliki fungsi yang penting yaitu sebagai jalur utama akses kota Banjarmasin dan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Tengah. Sekaligus kata dia mengatasi kemacetan setelah jalan lingkar selatan rusak dan hancur diterjang banjir.

Sebab itu Jokowi berharap jembatan tersebut bisa meningkatkan konektifitas wilayah Kalimantan Selatan. Serta memperpanjang arus transportasi.

"Mengefisienkan biaya-biaya logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah sekitar. Serta menciptakan sentra-sentra ekonomi baru," bebernya.

Mantan Wali Kota Solo tersebut berpesan agar jembatan tersebut digunakan dengan baik yaitu membangkitkan dan memajukan kegiatan produktif di masyarakat. Sehingga dampaknya dirasakan masyarakat.

"Jembatan ini membangkitkan dan memajukan kegiatan-kegiatan produktif di masyarakat sehingga dampaknya betul-betul dirasakan oleh rakyat kita," pungkasnya.

Sumber: merdeka.com