SIANTAR, HETANEWS.com - Pewarta foto asal Kota Siantar, Lazuardy Fahmi, berpulang pada Kamis 21 Oktober 2021. Fahmi menghembuskan nafas terakhirnya di RS Tentara sekitar pukul 00.19 WIB.

Beberapa jam sebelumnya, Fahmi dikabarkan mendadak jatuh sakit dan dilarikan ke RS Tentara di Jalan Gunung Simanuk manuk. Dukungan doa dan kesembuhan dari kolega pun mengalir deras di grup WhatsApp. 

Tak lama setelah itu, ucapan doa berubah menjadi duka. Fahmi meninggal dunia setelah berjuang melawan sakit. Jenazahnya dibawa ke rumah duka di Jalan Pangururan.

"Banyak kenangan ku dengan beliau. Sedih mendengar kabar duka itu. Kalau tidak salah kami terakhir ketemu di rumah dinas Walikota saat kunjungan Gubernur Sumut. Saat itu aku menanyakan soal kamera," kata Wartawan senior, Imran Nasution.

Pamai, sapaan almarhum, dikenal piawai di dunia fotografi. Di kota Siantar ia boleh dikatakan sebagai salah satu pewarta foto kondang bersama karibnya Dhev Fretes Bakkara.

Karya karya jepretan fotonya menghiasi halaman depan koran lokal Siantar pada medio 2010. Ia juga pernah aktif di komunitas photografi Sandal Jepit dan menjadi pembicara dalam kegiatan Pers Mahasiswa USI pada 2010-2011.

Bergabung di Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan, Pamai berburu foto ke lokasi lokasi bencana alam seperti Gunung Sinabung hingga lokasi kapal tenggelam Sinar Bangun perairan Danau Toba Tigaras Kabupaten Simalungun.

Karya karya fotonya dia kirim ke kantor kantor berita luar negeri seperti Reuters dan kantor berita lokal di Asia.

Di kalangan pekerja Pers, Fahmi dikenal sebagai sosok yang berpikiran terbuka dan mudah bergaul. Tak jarang Fahmi memberikan ide ide pemikirannya soal fotografi.

Fahmi menjadi fotografer pertama di media online yang berbasis di Siantar, HETANEWS.com pada 2014- 2018. Setelah itu, Fahmi bekerja di bidang dokumentasi Protokol Komunikasi Pimpinan Pemko Siantar.

Awak wartawan dan kolega silih berganti melayat ke rumah duka. Menjelang siang, jenazahnya dibawa ke Mesjid Raya untuk disholatkan. Jenazah Lazuardy Fahmi dikebumikan di TPU Islam di Jalan Pane.