SIANTAR, HETANEWS.com - Pemerintah kembali memperpangjang PPKM. Perpanjangan PPKM tersebut dilakukan selama tiga pekan, terhitung sejak tanggal 19 Oktober hingga 8 November 2021.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Siantar, Sofian Purba mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski Kota Siantar berada di PPKM Level 2.

"Itulah artinya kan ayolah sama-sama kita menjaga. Jangan tunggu level besar dulu baru kita kerja keras. Intinya gak cuma dari pemerintah tapi harus ada kesadaran masyarakat sendiri. Makanya kita terus berupaya memberi edukasi yang humanis," kata Sofian ditemui di sekretariat Satgas Covid-19, Rabu (20/10/2021).

Dalam hal ini Satpol PP sebagai Tim Gakkum terus melaksanakan patroli. Namun demikian tak jarang ditemui warga yang melanggar prokes.

"Maksud saya silakan beraktivitas, tapi ya prokes itu jangan lupa. Menurunkan angka kasus covid-19 ini kan bukan hanya tugas kami saja, tapi kita semua," ucapnya.

Sofian juga memastikan sanksi terhadap pelanggar prokes masih berlaku. Pelaku yang melanggar aturan tetap diberi sanksi denda atau kurungan.

"[Sidang pelanggar prokes] Itu masih berlanjut, apalagi untuk pengusaha yang melanggar, tapi kan kita kumpulkan dulu baru dilakukan sidang.” 

“Kalau untuk perorangan [pelanggar prokes] yah, paling swab di tempat, kalau positif siap-siap lah gak ketemu keluarganya 10 hari kan, gitulah umpamanya," jelas Sofian.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Kota Siantar Bertahan Di Level 2