MEDAN, HETANEWS.com - Mobilitas warga di Sumatera Utara (Sumut) mulai meningkat seiring dengan turunnya kasus Covid-19 selama beberapa pekan terakhir.

Seiring dengan hal tersebut, Ikatan Dokter Indonesi (IDI) Sumut meminta warga untuk memperhatikan protokol kesehatan (prokes) sebagai langkah mencegah gelombang baru penyebaran Covid-19. 

Ketua IDI Sumut Ramlan Sitompul mengatakan jika, protokol kesehatan diabaikan, dikhawatirkan kasus kembali melonjak. Karena itu, dia mengingatkan peningkatan mobilitas masyarakat harus terukur dan dapat dikendalikan dengan sistem yang baik. 

"Mobilitas masyarakat harus terukur, terkendali dan diawasi dengan sistem yang baik. Kemudian, prokes khususnya pemakaian masker harus menjadi kewajiban buat seluruh masyarakat sampai pemerintah membuat keputusan yang baru," kata Ramlan, Senin (18/10/2021).

Ramlan mengatakan adaptasi kebiasaan baru harus digalakkan melalui sosialisasi dan pendampingan, terutama bila sekolah atau kuliah kembali dilakukan secara tatap muka.

"Masyarakat janu untuk tidak menyebarluaskan  hal-hal yang tidak terkonfirmasi baik tentang Covid-19," ucapnya.

Ramlan juga meminta pelaksanaan karantina tetap dilaksanakan secara profesional khususnya pintuk masuk negara terutama isolasi warga yang baru datang dari luar negeri.

Pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 ditengah-tengah masyarakat harus tetap dilaksanakan sesuai kebutuhan. 

"Jangan sampai kecolongan seperti selebgram yang kabur dari tempat isolasi di Jakarta yang dibantu oknum petugas bandara. Perlu integritas yang baik dari petugas, termasuk juga tindakan kekarantinaan terhadap alat angkut dan barang," ucapnya. 

Sumber: inews.id