SIANTAR, HETANEWS.com - Terdakwa Jhontama Sinaga alias Ucok (57) dituntut 3 tahun penjara potong tahanan, karena terbukti menghisap ganja seberat 0,37 gram.

Tuntutan jaksa Anna Lusiana SH dibacakan dalam persidangan, Kamis (14/10/2021) di Pengadilan Negeri Siantar digelar secara virtual.

Kuasa hukum terdakwa, Erwin Purba membenarkan hal tersebut. 

"Benar, Jhontama dituntut 3 tahun penjara karena terbukti Ngisap ganja," kata Erwin ketika ditanya hetanews, Jumat (15/10) di ruang Posbakum PN Siantar.

Menurut jaksa penuntut umum (JPU), warga jalan Pisang Kipas Blok IX Bah Sorma, Kecamatan Siantar Sitalasari, itu telah terbukti bersalah melanggar pasal 127 (1) huruf a UU RI No 35/2009 tentang penyalahgunaan narkotika bagi diri sendir

Terdakwa ditangkap pada Kamis, 25 Maret 2021 sekira pukul 09.00 wib di sebuah warung Jalan Gurilla Utara, Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari.

Awalnya terdakwa menyuruh Gomgom (DPO) membeli ganja dari Kampus USI seharga Rp.50 ribu

Lalu digunakan di warung tersebut dengan cara dilinting dan dicampur bersama tembakau rokok. Lalu datang seorang laki laki yang tidak dikenal terdakwa dan meminta ganja tersebut

Jhontama pun menyerahkan ganja kepada orang tersebut lalu menerima uang Rp 50 ribu dari laki laki yang tidak dikenalnya itu. Petugas berhasil menyita sisa ganja dari bagasi jok sepeda motor terdakwa

Tim pengacara terdakwa, Erwin Purba dan Reinhard Sinaga SH akan mengajukan nota pembelaan (pledoi). Untuk itu, Persidangan dipimpin hakim Fhytta Sipayung SH ditunda hingga Kamis (21/10) mendatang.

"Kami akan mengajukan pledoi tertulis," kata Erwin.