HETANEWS.com - Update terbaru kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, benarkah polisi kebingungan?

Begini kata pakar hukum, DR Heri Gunawan dalam wawancara eksklusif DeskJabar. Sudah hampir dua bulan kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang belum juga terungkap.

Diketahui nama lengkap korban Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu ditemukan tidak bernyawa di dalam bagasi mobil Alpard, Jalan Cagak, Kecamatan Cagak, Subang, Jawa Barat, Rabu 18 Agustus 2021.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Chaniago mengatakan bahwa polisi saat ini sedang bekerja keras untuk mengungkap kasus pembunuhan di Subang ini.

"Sampai sekarang masih dalam pendalaman-pendalaman," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi, Rabu kemarin.

Baca juga: Danu Ternyata Diminta Menguras Bak Mandi di TKP oleh Polisi, Ungkap Apa Saja yang Dilakukan di TKP

Erdi mengatakan penyidik gabungan Polres Subang, Polda Jabar dan Bareskrim Polri yang diperbantukan masih bekerja. Pihaknya belum bisa memastikan kapan kasus itu diungkap dengan penetapan tersangka.

"Mereka (penyidik) lagi fokus dulu. Mudah-mudahan sebentar lagi," kata Erdi.

Sementara pengamat dan praktisi hukum mengungkapkan ada sejumlah kejanggalan dalam pengungkapan kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang ini. Seperti saksi yang dipanggil berulang-ulang hingga otopsi jasad korban yang dilakukan hingga dua kali.

"Kesannya polisi seperti kebingungan dalam mengungkap perkara ini. Karena kalo memang dari steatment awalnya pelakunya orang dekat, itu minimal polisi sudah memegang bukti yang sangat mendukung," ucap Heri.

Selain itu Heri juga menduga pemanggilan berulang Yosef, istri korban menunjukkan polisi harus bisa mengungkap fakta baru dari kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang ini.

Baca juga: Pembunuh Tuti-Amel Pelan-pelan Tersingkap, Yosef Mendadak Tak Tenang

"Kami menduga ada mis, dalam kasus pembunuh ibu dan anak di Subang ini, buktinya pengungkapannya memakan waktu lama," kata DR Heri Gunawan saat dimintai tanggapan oleh wartawan, Kamis 14 Oktober 2021.

Dalam lain kesempatan Erdi pernah disinggung soal hasil otopsi ulang yang dilakukan beberapa waktu lalu. Erdi mengatakan hasil autopsi juga sudah dikantongi penyidik.

Hasil autopsi itu, masih dilakukan pendalaman. Pihaknya belum bisa menyampaikan hasil autopsi ulang itu.

"Belum. Tunggu sebentar lah," tuturnya.

Seperti diketahui, Polisi terus melakukan berbagai upaya untuk mencari petunjuk pengungkapan pembunuh ibu dan anak di Subang, termasuk membuka rekening bank atas mama Amalia Mustikaratu.

Baca juga: Yosef Kerap Pegang Perut Sesaat Setelah Pembunuhan, Kena Pukul Amel?

Penelusuran rekening bank atas nama Amalia Mustikaratu dilakukan karena hingga hari ke-56 pasca kejadian, pengungkapan pembunuh ibu dan anak di Subang belum juga menemui titik terang.

Pembukaan rekening bank atas nama Amalia Mustikaratu sudah dilakukan pada Selasa, 12 Oktober 2021, dengan disertai surat keterangan waris dan dihadiri Yosef dan Yoris.

Menurut Kuasa Hukum Yosef, Rohman Hidayat, dalam perkembangan terbaru pengungkapan pelaku pembunuh ibu dan anak di Subang, penyidik Polres Subang menyelidiki tabungan milik Amalia Mustika Ratu (23), korban pembunuhan sadis yang terjadi pada 18 Agustus 2021.

Rohman Hidayat menambahkan bahwa penyidik disebut tengah menelusuri aliran uang Amel. Rohman mengatakan, penyidik Polres Subang meminta izin kepada ahli waris dalam hal ini Yosep dan Yoris untuk membuka tabungan Amel.

"Dengan harapan dari rekening koran atau transaksi yang ada dalam rekening koran ada petunjuk untuk penyidikan, mengenai aliran dana uang masuk dan ke luar," ucap Rohman saat dihubungi, Rabu, 13 Oktober 2021.

Baca juga: Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Belum Terungkap, Begini Penjelasan Brigjen Rusdi

Sumber: pikiran-rakyat.com