HETANEWS.com - Penjawa Satwa Liar di Colorado, Amerika Serikat baru-baru ini melaporkan bahwa pihaknya telah membebaskan ban yang mengikat leher seekor rusa selama 2 tahun.

Berdasarkan laporan dari Colorado Parks and Wildlife, rusa banteng tersebut berusia 4 tahun setengah dengan berat 270 kg. Ia sering terlihat di dekat Pine Junction, barat daya Denver.

Petugas mengatakan bahwa operasi untuk melepaskan ban tersebut dilakukan dengan memotong tanduk rusa untuk menghilangkan beban karena mereka tidak dapat mengiris baja di manik-manik ban.

"Kami lebih memilih untuk memotong ban dan membiarkan tanduknya digunakan untuk aktivitasnya, tetapi situasinya berubah dan kami harus melepaskan ban dengan cara apa pun yang memungkinkan," kata petugas Scott Murdoch, dilansir dari BBC, Rabu (13/10/2021).

Murdoch dan rekannya, Dawson Swanson memperkirakan rusa itu kehilangan beratnya sekitar 16 kg dengan melepas ban, tanduk, dan puing-puing di dalam ban.

Petugas satwa liar pertama kali melihat rusa dengan ban di lehernya saat melakukan survei populasi pada Juli 2019 untuk domba bertanduk besar Rocky Mountain dan kambing gunung di Wilderness Mount Evans.

Mereka mengatakan telah melihat rusa, elk, rusa besar, beruang, dan satwa liar lainnya terjerat dalam sejumlah barang, termasuk set ayunan, tempat tidur gantung, tali jemuran, lampu hias atau lampu liburan, furnitur, kandang tomat, tempat makan ayam, keranjang cucian, gawang sepak bola dan jaring bola voli yang mengikat leher seekor rusa selama 2 tahun.

Sumber: indozone.id