MOJOKERTO - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 TA. 2021 Kodim 0815/Mojokerto di Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, hingga kini masih berlangsung. Memasuki hari ke-28 Satgas TMMD, telah menuntaskan seluruh sasaran fisik dengan capaian 100 persen.

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., selaku Dansatgas TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto, mengungkapkan, semua sasaran fisik dalam kegiatan TMMD ini sudah berhasil diselesaikan oleh Satgas TMMD. “Tuntasnya TMMD ini, tidak lepas dari kerja sama dan sinergitas TNI – Pemda”, ungkapnya, Selasa (12/10/2021).

Satgas TMMD yang didukung Pemdes dan warga masyarakat Desa Duyung, telah bekerja keras menuntaskan semua pekerjaan fisik berupa pembangunan infrastruktur guna meningkatkan kapasitas dan akselerasi pembangunan di Desa Duyung.

“Berkat kerja keras Satgas TMMD yang berhasil membangun komunikasi sosial dengan warga setempat, TMMD bisa tuntas tepat waktu”, tandasnya.

Lebih jauh Dandim 0815/Mojokerto menegaskan, banyak manfaat yang didapat dari TMMD ini, salah satunya aspek kesejahteraan masyarakat. Dari aspek ini berupa akselerasi pembangunan infrastruktur pedesaan, memberikan kemudahan/kelancaran akses transportasi dan perekonomian, meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih produktif, mandiri dan maju.

Selain dari aspek kesejahteraan masyarakat, lanjutnya, manfaat lain dari TMMD ini, yakni aspek pertahanan negara, diantaranya sebagai sarana berintegrasi dengan warga masyarakat pedesaan guna memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam mendukung Sishanta.

Pada kesempatan tersebut, Dandim berpesan, agar segenap masyarakat Desa Duyung merawat semua sasaran fisik yang telah dikerjakan dalam TMMD ini sehingga usia pakainya lebih lama. Pun demikian dengan sasaran non fisik berupa nilai-nilai luhur bangsa, gotong royong, ketahanan dan kemandirian agar tetap dijaga, dilestarikan dan dikembangkan.

Pantauan di lapangan, selama  pelaksanaan TMMD Ke-112, Satgas TMMD bersama warga secara gotong royong berhasil menuntaskan seluruh sasaran fisik yang menjadi sasaran dalam TMMD Ke-112. Terpantau, sasaran fisik yang pertama kali kelar, yaitu pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), disusul Jalan Lingkungan yang menghubungkan Desa Duyung dan Desa Kesiman, kemudian Saluran Irigasi Sumber Lumpang, Rehab SDN Duyung, Sasaran tambahan (over prestasi) pengecoran Jalan Penghubung Desa Duyung dan Desa Tamiajeng, dan terakhir Rehab Mushola Al-Madani.