MOJOKERTO - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto yang bertugas di Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, telah menuntaskan semua sasaran fisik, salah satunya pembangunan Saluran Irigasi Sumber Lumpang.

Keberadaan Saluran Irigasi Sumber Lumpang yang merupakan Program Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto, diharapkan mampu memasok kebutuhan air bagi petani Desa Duyung. Dengan selesainya pembangunan saluran irigasi Sumber Lumpang ini, petani tidak perlu khawatir kekurangan air untuk kebutuhan pertanian.

Menurut Babinsa Desa Duyung, Serma Supi’i, pembangunan saluran irigasi Sumber Lumpang ini mendapat respon positif, tidak hanya dari pihak Pemdes Duyung, namun warga masyarakat khususnya para petani menyambutnya dengan sukacita.

“Masyarakat khususnya petani sangat senang dengan dibangunnya Saluran Irigasi Sumber Lumpang, karena pemenuhan dan pengaturan air untuk kebutuhan petani bisa lebih mudah”, ungkap Babinsa saat di lokasi TMMD, Senin (11/10/2021).

Seperti yang dikatakan Rochim (59), Petani asal Dusun Bantal Desa Duyung, saat berbincang santai dengan Babinsa, mengungkapkan, rasa syukurnya sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih dengan adanya Program TMMD, bisa menyentuh pembangunan irigasi yang sangat dibutuhkan petani.

Setelah adanya saluran irigasi yang permanen ini, air yang dulunya sering merembes sekarang tidak lagi, laju air sudah lancar dan dapat mengairi sawah yg berada di ujung. “Dulu sebelum adanya pembangunan irigasi debit air sangat sedikit karena banyak yang merembes ke dalam tanah sehingga sawah yang di ujung sering tidak kebagian air”, ungkap Rochim.

Sekali lagi, kami sebagai petani mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Bapak TNI yang sudah membantu kesulitan petani khususnya yang berada di kawasan Sumber Lumpang Dusun Bantal Desa Duyung ini.

“Mulai saat ini petani di kawasan Sumber Lumpang sudah tidak lagi khawatir untuk pengairan sawah karena pembagian air sudah bisa merata dari hulu sampai hilir”, ucapnya penuh kegembiraan.

Hal senada, diungkapkan Sariman (68), atas dibangunnya Saluran Irigasi Sumber Lumpang yang akan memberikan banyak manfaat bagi para petani di kawasan tersebut. “Alhamdulillah dengan adanya TMMD, saluran irigasi bisa dibangun secara permanen, sehingga tidak takut terjadi kebocoran air di sepanjang saluran”, ujarnya.