SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Proyek perbaikan jalan kabupaten di jalan penghubung Pangalbuan - Negeri Dolok kini sedang berlangsung. 

Proyek tersebut dikerjakan oleh pihak kontraktor dari PT Yustina dengan pagu anggaran sebesar Rp 15 Miliar APBD Kabupaten Simalungun 2021.

Saat proses pengerjaan, pada Rabu (13/01/2021) sekira pukul 13:30 WIB, pengendara berkeluh kesah akibat jalan macet selama perbaikan berlangsung.

Salah seorang Sopir Angkutan Damri bermarga Sijabat mengaku, dari pukul 10:30 WIB dirinya menunggu jalan selesai diaspal. Padahal saat itu ia hendak mengantar penumpang.

"Saya mau mengantar anak sekolah mereka sudah pada kelaparan," ungkapnya.

Penanggung jawab proyek yang ditemui di lokasi yang sama menjelaskan, arus lalu lintas terpaksa terganggu selama proses pengaspalan.

"Terpaksa harus ditutup dulu untuk sementara atau paling tidak agak terganggu. Hal itu dilakukan agar  kualitas aspal pada jalan bagus dan bertahan lama tandasnya," kata seorang pria bermarga Sinaga.

Pantauan di lokasi, terlihat abu tebal dan batu kerikil bertabur di badan jalan. Kondisi demikian  cukup membahayakan pengguna jalan  khususnya pengendara roda dua.

"Berani injak rem, siap -siap jatuh tersungkur ke jalan yang sedang dikerjakan ini," ketus seorang pengendara.

Proyek pengaspalan jalan kabupaten ini termasuk salah satu jalan alternatif.

Adapun proyek jalan sepanjang 5 KM itu mulai dari simpang Pangalbuan, Nagori Silau Buntu  sampai ke Nagori Bongguron  Kariahan kecamatan Raya Kabupaten Simalungun.