SIANTAR, Hetanews.com - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Teuku Munandar menyatakan jika sikap optimisme menjadi salah satu faktor yang mewujudkan pertumbuhan ekonomi lebih baik di masa pandemi. Sejak pandemi melanda Indonesia pada Maret 2019 lalu hingga pandemi menjadi musibah bagi dunia.

"Maka kita harus selalu bersikap optimis dalam menghadapi pandemi, dengan bersikap optimis semua akan menjadi lebih baik termasuk pertumbuhan ekonomi," kata Munandar dalam acara Media Briefing Diseminasi Kebijakan dan Informasi Layanan Bank Indonesia, Rabu (13/10) di Lantai IV Gedung Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Pematangsiantar, jalan H Adam Malik

Perusahaan media (pers) juga tak luput dari dampak pandemi covid-19. Beberapa perusahaan surat kabar bahkan tak bisa lagi beroperasi, terjadi pengurangan tenaga kerja, dan biaya operasional yang cukup tinggi sedangkan income berkurang.

Bahkan beberapa perusahaan media tak lagi bisa memberikan gaji kepada pekerja pers. Kurangnya income dari berbagai iklan mengalami penurunan yang sangat drastis, kata Munandar mengutip data dari SPS (Serikat Penerbitan Suratkabar).

"Melihat kondisi tersebut, media/wartawan terdampak pandemi maka hari ini, KPw Bank Indonesia memberikan sembako kepada rekan rekan media yang tergabung dalam wartawan ekonomi Siantar/Simalungun," ungkapnya.

Media diharapkan tetap menjaga motivasi kerja dan menimbulkan rasa optimisme dalam menyajikan informasi kepada Public. Dengan tetap optimisme menunjukkan perbaikan kenaikan harga komoditas eksport Indonesia.

Tembaga mengalami kenaikan 48.8 persen, demikian juga dengan batu bara, CPO, karet, aluminium, kopi.

Menurunnya kasus di Indonesia, memberi keyakinan masyarakat dan juga dunia untuk mulai berinvestasi. Kasus Covid di Siantar menurun, berdasarkan data dari Dinkes per 12 Oktober hingga Nol Kasus juga didukung tingkat vaksinasi yang tinggi. Bhakan di Indonesia kasus terkini hanya 620 kasus (tidak sampai 1000) dari 54 ribu kasus di bukan Juli 2021, jelas Munandar. 

Juga Penyaluran kredit 27,8 Triliun atau naik 6 persen, deposito giro juga naik. Artinya masyarakat sudah bisa menabung dan menyimpan uang di Bank, kualitas kredit masyarakat makin baik.

Munandar berpesan tetap optimis termasuk andil wartawan dalam menyajikan menyajikan berita positif dan mengedukasi serta mencerdaskan masyarakat, khususnya media dapat memberikan sumbangsih tehadap perekonomian.