HETANEWS.com - Enggak sedikit cerita bisnis sukses yang berawal dari sebuah hobi. Seperti yang dialami oleh seorang mahasiswa bernama Muhammad Hanun Khairy.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta itu, sekarang menjadi pengusaha muda di bidang ikan hias dan aquarium. Dia mengaku, awalnya cuma mengembangkan hobi yang ternyata bisa menjadi peluang bisnis.

Hanun telah merintis usaha tersebut selama setahun. Dia menjual berbagai jenis ikan hias yang menjadi tren di kalangan kolektor. Selama pandemi, Hanun mengeklaim bisnisnya mengalami kenaikan sebesar 20 persen.

Dia juga memiliki tiga karyawan dan dapat menaikkan gaji karyawan sebesar 30 persen. Enggak cuma online, Hanun juga mempunyai toko offline yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Dengan usahanya tersebut, dia bisa mendapatkan omzet rata-rata Rp 36 juta per bulan, dan tertinggi sebesar Rp 60 Juta.

Tantangan Jalankan Bisnis sebagai Mahasiswa

Meski usahanya berjalan lancar, Hanun mengaku banyak tantangan yang dihadapi. Mulai dari pembuatan ide, sampai cara melakukan perawatan eksklusif bagi ikan hiasnya.

Hanun menambahkan, kuliah tetap menjadi prioritas utamanya walau disibukkan dengan bisnis tersebut.

“Tergantung gimana bisa mengatur waktu yang dimiliki, supaya seimbang antara kuliah dan bisnis," pungkas dia, dilansir laman resmi UPN Yogyakarta.

Sumber: kumparan.com