HETANEWS.com - Pakar hukum Ricky Vinando terus mengikuti perkembangan kasus pembunuhan yang menewaskan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu (Amel) di Subang, Jawa Barat.

Menurut analisis pribadinya, suami sekaligus kepala keluarga korban, Yosef Hidayah sempat pukul-pukulan dengan Amel menjelang pembantaian.

Diketahui, Ricky merupakan salah satu pihak yang meyakini, Yosef merupakan pelaku pembunuhan Subang. Bahkan, menurut pengamatannya, bekas darah di jaket Yosef muncul setelah Amel berusaha melawan saat hendak dibunuh.

“Amel melawan makanya jaket Yosef sampai terkena darah pada bagian belakang,” ujar Ricky, dikutip Hops dari Beritasatu, Senin 11 Oktober 2021.

Baca juga: Kasus Tuti Amel, Ada Pembunuh Pertama Beraksi Sebelum Avanza NMax Tiba di TKP?

Yosef Hidayah. Foto Ist.

Baca juga: Kasus Tuti Amel, Alibi dan Sebab Akibat Sudah Mengarah, Dokter Forensik Hastry: Betul Banget

Lebih lanjut, Ricky memastikan, bekas darah di belakang jaket merupakan bukti kuat Yosef telah membunuh Tuti dan Amel. Paling tidak, kata dia, Yosef berada di lokasi saat kejadian berlangsung.

Ricky juga menjelaskan bagaimana akhirnya bercak darah tersebut tertinggal di jaket Yosef, yakni terjatuh usai mendapat perlawanan atau tertempel dari kepala Amel yang kebetulan sudah terluka.

“Hanya ada dua cara bagaimana darah korban bisa menempel di jaket Yosef. Pertama, diduga Yosef sempat terjengkang (dihantam Amel) lalu terlentang di lantai yang banyak darah istrinya, maka jaket belakang banyak bercak darah dan atau kepala Amel sempat menempel di jaket bagian belakang milik Yosef,” tuturnya.

“Kalau tidak dengan dua cara itu, kok bisa darah istri anaknya menempel dan membekas di jaket bagian belakang Yosef? Tak mungkin kan Yosef tiduran di atas genangan darah? Jadi ini petunjuk lagi Yosef diduga terlibat,” lanjutnya.

Baca juga: HP dan Ipad Amel Rekam Pelaku Subang 8 Orang, Alasan Akhirnya Mata Dilukai?

Yosef Hidayah. Foto: Youtube.

Baca juga: Yosef Kerap Pegang Perut Sesaat Setelah Pembunuhan, Kena Pukul Amel?

Dirinya juga menjelaskan pernyataan pengacara Yosef, Rohman hidayat yang menyebut kliennya membuka jaket dan menaruh jaket di kursi depan merupakan pembelaan yang tidak ada logika hukumnya.

“Karena bagaimana tiba-tiba jaket Yosef jadi berdarah semua bagian belakang? Dugaan saya Yosef sempat terjengkang dan terlentang akibat adanya perlawanan dari Amel yang sempat melawan. Tapi apapun itu sudah keluar hasil Labfor yaitu argumentasi saya yang terbukti, darah di jaket Yosef adalah darah Amelia dan ibunya, cocok dengan hasil Labfor dan tes DNA,” urainya panjang lebar.

Ricky Vinando sebut Yosef Hidayah punya kebiasaan aneh

Selain darah di jaket, Ricky meminta polisi memeriksa kebiasaan Yosef yang kerap memegangi perutnya pasca kejadian pembunuhan. Menurutnya, ada kemungkinan perutnya sakit lantaran terkena hantaman Amel.

“Saran saya kepada Bareskrim Polri agar perut Yosef diperiksa saja, karena sering kali Yosef memegangi perutnya. Ada apa itu? Kesakitan atau kekeyangan abis makan atau kenapa? Kan ibu Amel tewas dibunuh saat tidur, sehingga banyak genangan darah yang masih kental, karena bagian kepala yang digebuk pakai papan pencuci baju. Sedangkan Amel saat peristiwa berdarah terjadi memberikan perlawanan,” tegasnya,

“Amel melawan diduga kepada Yosef diduga mengena dan menghantam bagian perut Yosef karena Yosef sering memegangi perut. Amel melawan diduga dikejar Yosef dan atau bersama Mimin dan atau bersama eksekutor atau tanpa eksekutor, jadi periksa perut Yosef,” kata dia.

Baca juga: Usai Habisi Tuti-Amel, Pelaku Targetkan Bunuh Yoris?

Sumber: hops.id