TEBINGTINGGI, Hetanews.com - Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi  Hasibuan, M.M. bersama LO BNPB Pusat Mayjen.TNI. Purn. Darlan Harahap, Sekretaris Satgas Pemprov Sumut Drs. Arsyad Lubis dan Kadiskes  Pemprov Sumut drg. Ismail Lubis pimpin rapat koordinasi (rakor) evaluasi penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi, Senin (11/10/2021) di Ruang Aula Utama Balai Kota.

Pemerintah Kota Tebing Tinggi melakukan kegiatan-kegiatan secara berjenjang (penanganan Covid-19), dengan mengaktifkan Satgas Covid-19 ditingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Pemko Tebing Tinggi mengalokasikan dana 100 juta per Kelurahan untuk penanggulangan Covid-19, untuk biaya operasional penyuluhan, penindakan dan menyediakan makanan untuk orang yang melakukan isolasi mandiri. Dan itu dikoordinasikan oleh Kecamatan. Kiranya pekerjaan yang dilakukan hingga level bawah (Kelurahan) bisa dikerjakan sebaik-baiknya, Demikian ungkapan Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan dalam rapat tersebut.

"Kepada Camat dan Puskesmas, agar bekerja sama dengan Koramil 13/TT dan Polres, dalam hal meningkatkan 3 T secara terus menerus juga penerapan protokol kesehatan. ," ucap Wali Kota.

Wali Kota menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga Protokol Kesehatan 5 M. Masyarakat harus kooperatif membantu Dinas Kesehatan dalam melakukan Tracing/pelacakan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 serta tidak menyembunyikan pasien konfirmasi COVID-19 agar dapat memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kota Tebing Tinggi.

LO BNPB Pusat Mayjen.TNI. Purn. Darlan Harahap mengungkapkan rasa bangga atas capaian Kota Tebing Tinggi, yang mana telah mampu menurunkan level PPKM dari level 3 ke level 1. 

" Kota Tebing Tinggi termasuk salah satu dari 4 Kabupaten, Kota di Provinsi Sumatera Utara bisa mencapai level 1 (level PPKM) yang awal dulu sempat ketar-ketir," ujar LO BNPB Pusat Mayjen.TNI. Purn. Darlan Harahap .

Ditambahkannya protokol kesehatan 5M adalah kunci utama serta melibatkan stakeholder dan sosialisasi edukasi tetap ditingkatkan.

" Jadi disinilah yang kita sampaikan. Mari kita semua melibatkan seluruh stakeholder yang ada di masyarakat. Memang jadi tugas berat. Kedepan bagaimana masyarakat sadar benar bahwa Covid-19 itu,  walau kita sudah memberi sosialisasi dan edukasi, saya harap tetap terus kita tingkatkan," pungkas LO BNPB Pusat.

Hadir dalam.acara  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bambang Sudaryono, LO Covid-19 untuk Kota Tebing Tinggi Dr. Ir. Binsar Situmorang, M.Si., MAP., Danramil 13 TT Kapt. Inf. Budiono, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si., Plt. Kepala BPBD Kota Drs. Wahid Sitorus, Plt. Kakan Satpol PP YB. Hutapea, Plt. Kadis Kesehatan dr. Henny Sri Hartati.  Direktur RSUD dr. Kumpulan Pane dr Yohnly Boelian Dachban, dan sejumalh pimpinan rumah sakit  dan Puskemas se-Kota Tebing Tinggi.