SIMALUNGUN, HETANEWS.com - ‘Mangga Parapat’ merupakan sebuah istilah untuk menyebut mangga udang yang dijajakan pedagang buah di wilayah Danau Toba khususnya Parapat.

Mangga Parapat buah pilihan yang manis dengan kulit menguning kilat. Biasanya disusun berjajar di atas keranjang oleh pedagang yang menjajakannya di tepi jalan. 

Seorang pedagang yang ditemui di Parapat, Mei Sinaga mengatakan Mangga Parapat hanya sebutan saja sebab mangga tersebut kerap dijual di Parapat.

Padahal sebetulnya tumbuhan asli Sumatera Utara tersebut didatangkan dari wilayah Kabupaten Samosir, Muara Kabupaten Taput dan Haranggaol Kabupaten Simalungun.

‘Mangga Parapat bukan tumbuh dan dipetik dari wilayah Parapat ini," ucap Mei ditemui, Senin (11/10/2021).

Mei menjelaskan, meski perkebunan mangga tidak ada ditemui di wilayah Parapat, namun mangga yang dijual selalu tersedia. Bahkan sebelum musim mangga tiba. 

Oleh oleh Wisatawan

Mangga yang rasanya manis bentuknya mungil seperti udang bungkuk jadi salah satu buah tangan pengunjung yang berwisata ke Parapat

Sebagian pengunjung mengakui belum lengkap rasanya jika belum mencicipi Mangga Parapat. Seperti yang dialami Agus, wisatawan lokal dari Kota Medan.

Ia menyempatkan singgah untuk mencicipi mangga tester yang disediakan pedagang di Parapat. Ia mengakui buahnya sangat nikmat, bertekstur legit dan manis.

"Dari kejauhan saat lewat di Parapat, warna mangga ini menggoda, kuning merona kilat, walaupun kadang kulitnya berbintik namun tidak seperti daging buahnya manis dan tidak busuk,” katanya.

Agus tidak ragu memborong 5 kg mangga sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Ia juga menyaksikan penjual menimbang mangga yang dia pilih. 

“Cara makannya lebih enak tanpa dikupas, tinggal cuci dan di emut di mulut, rasa manisnya keluar dari serabut daging buahnya," kata Agus sambil merem melek makan buah tester itu.



Kepercayaan

Pedagang melayani Agus dengan baik, dan berusaha menjaga kepercayaan wisatawan dan memastikan pesanan tak bakal tertukar dengan mangga berbeda apalagi timbangan berkurang.

Tidak ada salahnya untuk mampir dan mencicipi langsung kelezatan mangga parapat. Ada keunikan tertentu yang membuatnya sangat populer dibandingkan dengan mangga lain. 

Mangga ini sangat terkenal dengan rasanya yang sangat manis dan hampir jauh dari rasa asam. Oleh karena itu tidak sedikit orang menyukainya sebagai pencuci mulut. 

Jika anda berkunjung ke wilayah Danau Toba Parapat, penjual mangga akan terlihat jelas di pinggir pinggir jalan. Atau anda ingin mengetahui seluk beluk wisata Danau Toba lainnya, anda dapat menghubungi  Latosu Holidays - 085276075316.

Baca juga: Tinggal di Homestay Bikin Liburan di Danau Toba Berkesan