HETANEWS.com - Kawasan Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun tak cuma menyediakan fasilitas hotel. Ada bungalow dan juga homestay yang punya kelebihan masing masing.

Homestay yang tak jauh dari view Danau Toba dapat ditemui di Kampung Warna warni, Tiga Rihit, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Penginapan milik penduduk setempat itu dibangun dari anggaran pemerintah pusat, untuk mendukung sarana hunian pariwisata [Sarhunta] yang mendukung kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Bagi wisatawan tak sulit untuk menemui homestay ini. Karena lokasinya tak jauh dari pintu gerbang Parapat. Lokasi homestay dapat ditempuh dengan berjalan kaki 5-10 menit dari jalan lintas utama.

Jumlah homestay yang tersedia ada 30 tempat. Homestay dibangun dari rumah penduduk. Artinya setiap rumah disana menyediakan tempat penginapan bagi pengunjung.

Uniknya, pemilik rumah akan menyambut para tamu layaknya keluarga sendiri. Selain itu pengunjung dapat menikmati kuliner tradisional seperti kacang garing atau dolung dolung.

Adapun fasilitas homestay tak jauh beda dengan penginapan lainnya. Tersedia permadani, Televisi, lemari penyimpanan pakaian dan kamar mandi dengan shower. 

Masih banyak lagi lokasi menarik di seputar Danau Toba. Jika anda berminat untuk merencanakan perjalanan, anda dapat menghubungi Latosu Holidays -085276075316.

Baca juga: Kampung Warna warni Tiga Rihit Parapat Menyimpan Kisah