SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia [Kpw BI] Pematangsiantar, Abdul Haris, bersama Sekda Kabupaten Simalungun, Esron Sinaga membahas percepatan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Kabupaten Simalungun. 

"Pertemuan berlangsung di kantor Bupati Simalungun, pada tanggal 7 Oktober 2021," kata humas BI Siantar, Santy kepada wartawan, Jumat (8/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kpw BI Pematangsiantar memberi masukan terkait perluasan kanal pembayaran dengan menggunakan QRIS untuk pajak dan retribusi.

Untuk itu pembentukan TP2DD harus segera dilakukan agar koordinasi dan program kerja dapat termonitor dengan baik. 

Juga mendorong pengembangan potensi pariwisata di Simalungun. Dalam hal ini peran aktif OPD untuk terus mendorong peningkatan PAD [Pendapatan Asli Daerah]. 

Hasil dari pertemuan tersebut disepakati penandatanganan draft TP2DD yang dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus sekaligus dirangkai dengan Penyerahan PSBI.

Pemerintah Kabupaten Simalungun akan terus mendorong percepatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah [ETPD] dan bersinergi dengan BI, untuk mendukung program-program yang diinisiasi oleh Bank Indonesia.

Adapun Kpw BI Pematangsiantar telah melakukan berbagai program di Kabupaten Simalungun. 

Diantaranya, pengembangan desa wisata Sait Buttu, penyaluran program sosial Bank Indonesia, sosialisasi dan edukasi sistem pembayaran digital kepada pengusaha hotel dan restoran, termasuk pemberdayaan UMKM.

Selain ETPD, BI berupaya mempercepat digitalisasi pembayaran baik melalui ekstensifikasi penggunaan instrumen dan kanal pembayaran seperti QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Kemudian mendorong interkoneksi dan interoperabilitas layanan sistem pembayaran, mendorong penggunaan platform e-commerce untuk pembayaran pajak dan retribusi.

Bank Indonesia juga  memetakan profil ETPD di seluruh pemda, mengoptimalkan penyedia jasa pembayaran untuk berkolaborasi dengan pemda dan BPD setempat, hingga dukungan Kpw BI di seluruh Indonesia dalam membentuk TP2DD.