Tebing Tinggi, Hetanews.com - Berbagai hal mempengerahui kemacetan di salah satu kota, sama halnya yang terjadi di inti Kota Tebing Tinggi, berbagai persoalan terjadi sehingga membuat kemacetan seperti pedagang yang terlalu memaksakan tempat sampai ke bahu jalan, karena tidak adanya tempat lagi, uniknya Pemerintah Tebing Tinggi hanya memikirkan satu solusi saja penyelesaian kemacetan yakni hanya melakukan penertiban.

Hal itu diutarakan oleh Jubir Pemko Tebingtinggi yang juga sebagai Kadiskominfo Tebing Tinggi Dedy Parulian Siagian, Selasa ( 5/102021 ) melalui pesan seluler kepada hetanews dia menyebutkan jika Dinas Perhubungan dan Satpol PP sudah melakukan himbauan atau sosialisasi terhadap masyarakat terutama tentang larangan kepada pedagang tentang pemanfaatan bahu dan penggunaan trotoar sebagai tempat berjualan.

"  Dinas perhubungan dalam kewenangannya hanya bisa  melakukan penindakan terhadap kendaraan bermotor ( sesuai dengan UU No. 22 tahun 2009). " Ujar Dedy Parulian  Siagian via pesan seluler.

Menurut Dedy P Siagian, pihak Dinas Perhubungan selalu aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama pedagang yang berjualan di trotoar dan bahu jalan.Di tegaskannya, Hal yang sama juga di lakukan Satpol PP. "  Pasukan Penegak Perda " Kota Tebing Tinggi saat ini sedang fokus untuk Jalan Haryono MT dan Jalan Iskandar Muda dengan cara berkesinambungan melakukan  sosialisasi tentang aturan yang disepakati yakni  hanya di perbolehkan sepanjang 1,20 M  dari trotoar boleh dipergunakan untuk berjualan.

" Dalam mengantisipasi peningkatan ekonomi kerakyatan, dan apabila melanggar kesepakatan tersebut akan kita tindak,dan saat ini di pasar Gambir tetap kita lakukan penertibannya. " lanjut  Jubir Pemko Tebing Tinggi masih melalui pesan seluler.

Dijelaskannya juga,  instansi terkait masih melakukan penertiban terhadap pedagang di Pasar Gambir, di jalan Haryono MT dan Jalan Iskandar Muda.

" Jika sudah tertib, kita akan difokuskan di Jalan Ahmad Dahlan. Karena rencana kami bertahap dilakukan penertiban, diawali dari Jalan Gereja, tempat hiburan odong2 telah ditertibkan dengan diperbolehkan melakukan kegiatan hanya menggunakan satu sisi jalan saja, mudah mudahan kami didukung OPD yg terkait dalam penertiban ini. "  tulisnya di akhir keterangan.

Baca juga: Melihat Ruwetnya Jalanan Inti Kota Tebing Tinggi

Seperti yang diberitakan hetanews sebelumnya, Inti Kota merupakan wajah atau cerminan dari Kota tersebut, sebab dengan melihat inti kota saja secara garis besar dapat disimpulkan bagaimana keadaan yang sedang kita kunjungi, bukan berarti kemacetan merupakan sebuah hal yang tabu, kemacetan juga merupakan suatu tanda bahwa Kota tersebut menuju sebuah kemajuan, namun hal ini bukan sebuah alasan kemacetan bukan tidak memiliki solusi.

Sampai pedagang berjualan di bahu jalan menandakan bahwa ketersediaan tempat bisa menjadi salah satu penyebab yang akhirnya pedagang memilih untuk berjualan dibahu jalan, atau bisa saja ada alasan lainnya yang membuat pedagang juga harus memakai bahu jalan sebagai tempat berjualan.