SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Penyidik Pidana Khsus Kejari Simalungun  melakukan penahanan terhadap Kepsek SMP Negeri 1 Dolok Silau inisial HS (56). 

HS, terduga korupsi dana afirmasi diketahui 3 kali mangkir dari panggilan penyidik kejaksaan dengan alasan sakit. 

Usai diperiksa sebagai tersangka pada Selasa (5/10/2021), penyidik langsung melakukan penahanan terhadap HS selama 20 hari kedepan.

"Kami telah melakukan penahanan terhadap tersangka HS terkait dugaan korupsi dana afirmasi yang bersumber dari APBN (Kementerian pendidikan). Tersangka HS ditahan untuk 20 hari ke depan. Dan tersangka dititipkan di tahanan Polsek Bangun. Sebelum ditahan, terhadap tersangka telah di swab antigen," kata Kepala Kejaksaan Negeri Siantar, Bobbi Sandri didampingi Kasi Intel Ratno TH Pasaribu dan Kasi Pidsus Asor Olodaiv Siagian  kepada wartawan di kantor Kejari Simalungun jalan Asahan Km 4,5.

Tersangka HS dijerat dengan pasal 2 (1) atau pasal 3 Jo pasal 18 UU No.31/1999 tentang Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No.20/2001 tentang perubahan UU No.31/1999 tentang Tindak pidana korupsi.

Sebelumnya, ditemukan dugaan kerugian negara sebesar Rp 214 Juta sesuai hasil audit penghitungan kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dana yang diterima tidak digunakan sesuai peruntukan. Padahal dana tersebut digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Dolok Silau. Diantaranya pengadaan laptop bagi siswa. 

HS selaku pengguna anggaran dan sebagai kepala sekolah tidak menggunakan dana tersebut sesuai dengan peruntukan.

"Dana afirmasi tersebut digunakan untuk kepentingan pribadinya," kata Bobbi menjelaskan.

Selama pemeriksaan, tersangka didampingi pengacara (prodeo) yang ditunjuk oleh penyidik sebagaimana peraturan perundang yang berlaku.

"SMP Negeri 1 Dolok Silau menerima dana afirmasi untuk sekolah tertinggal yang bersumber dari APBN dengan anggaran sebesar Rp 214 juta. Diduga dana tersebut sepenuhnya disalahgunakan HS sebagai Kepala Sekolah saat itu," kata Bobbi mengakhiri.

Baca juga: Pelayanan Prima BERAKSI PN Simalungun Wujudkan ZI Menuju WBK/WBBM