SIANTAR, HETANEWS.com - Sejumlah tempat rekreasi di Kota Siantar terpantau sepi, pada Selasa (5/10/2021) siang. Situasi pandemi covid 19 menjadi faktor utama menurunnya jumlah pengunjung. 

Begitu pula pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat [PPKM] turut membuat lokasi rekreasi dan tempat wisata lesu. 

Kendati demikian, lonjakan kasus covid 19 di Kota Siantar mulai menurun ditandai turunnya status PPKM Level 3 ke level 2. Namun sejumlah tempat rekreasi di Kota Siantar masih saja terlihat sepi pengunjung. 

Misalnya, di lokasi wisata religi Vihara avalokitesvara [Patung Dewi Kwan Im] di Jalan Gn.Pusuk Buhit, Karo, Kecamatan Siantar, terpantau tutup pada Selasa siang. Hampir tidak ada seorang pengunjung yang datang ke lokasi tersebut.

Selain itu, tempat rekreasi edukasi yakni Museum Simalungun juga tampak tutup dan tidak ada pengunjung. Diketahui, sejak pandemi melanda Museum sempat tutup seiring pemberlakuan belajar daring.

Meski telah diizinkan beroperasi, Kebun Binatang Taman Hewan Pematangsiantar [THPS]. tak banyak pengunjung yang datang pada hari-hari biasa. 

Sementara area THPS sejauh ini telah dilengkapi protokol kesehatan ketat seperti tempat untuk mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan pengunjung akan disemprot antiseptik saat akan memasuki kebun binatang.

Menuju kenormalan baru saat ini, penerapan protokol kesehatan ketat di tempat tempat wisata dan rekreasi perlu dukungan pemerintah. Agar usaha jasa wisata ataupun rekreasi bergeliat.

Penulis: Gresya Sihombing
 

Baca juga: Siantar-Simalungun Berada di Level 2 PPKM