SIANTAR, HETANEWS.com - Bupati Simalungun Zonny Waldi menyebut, untuk mencapai herd immunity, kurang lebih 788.362 orang harus menjalani vaksinasi dari 1 Juta lebih penduduk yang tersebar di 32 kecamatan di Kabupaten Simalungun.

Data yang diperoleh saat ini, kata dia, warga  yang sudah melaksanakan vaksinasi dosis pertama sebanyak 48,45% dan vaksinasi dosis dua 13,73%.

Untuk mencapai herd immunity tersebut, Pemkab Simalungun meminta Kemenkes RI memperhatikan kondisi kebutuhan vaksin, khususnya di kawasan pariwisata prioritas Danau Toba.

"Ada sekitar 12.000 jiwa masyarakat di kecamatan ini dan yang sudah divaksin. [Pertama] sekitar 5.000 orang, jadi sekitar 7.000 orang yang akan divaksin hari ini," kata Zonny membacakan sambutannya dalam kegiatan 10.000 Dosis Vaksin diprakarsai IKA USU di Parapat, Senin (4/10/2021).

"Jika vaksinasi ini dilaksanakan di kecamatan ini berarti hanya sekitar 3.000 orang lagi masyarakat yang belum divaksin," katanya menambahkan. 

Waldi berharapkan Oktober ini juga warga di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon sudah divaksin 100 persen. 

Tujuannya agar wisatawan yang datang nyaman sebab Parapat merupakan pintu gerbang wisata Danau Toba. 

Sementara itu, dr Fransisco MH Panjaitan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan vaksinasi 10.000 dosis,  yang dilaksanakan IKA USU Jakarta mendapat dukungan Kementerian Kesehatan, Kemenkominfo dan Pemkab Simalungun. 

Pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan di 3 lokasi yakni, di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon sebanyak 4000 dosis, Saribudolok Kecamatan Silimakuta 3000 dosis dan di Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok sebanyak 3000 dosis.

Baca juga: Zonny Waldi Ikuti Upacara Secara Virtual