SIANTAR, hetanews.com - DPRD Kota Siantar jadwalkan rapat paripurna membahas pengusulan pemberhentian Walikota Siantar, Hefriansyah Noor.

Disebutkan Wakil Ketua DPRD Siantar, Ronald Tampubolon bahwa paripurna usulan pemberhentian dilaksanakan besok, Selasa (5/10/2021).

"Iya benar. Besok kita akan adakan rapat paripurna pengusulan pemberhentian Walikota berdasarkan permohonan Wakil Walikota terpilih," kata Ronald ditemui awak media di Kantor DPRD Kota Siantar, Senin (4/10/2021).

Namun, lanjut Ronald, mengenai pemberhentian dan pelantikan Walikota bukanlah wewenang DPRD, mereka hanya memberi usulan yang nantinya akan diproses oleh Gubernur dan Mendagri.

"Ini pengusulan menjelang berakhirnya masa jabatan, bukan memberhentikan Walikota. Kalau kami hanya mengusulkan, masalah pemberhentian dan pelantikan itu ke pemerintah pusat, Gubernur dan Mendagri. Belum tentu langsung diberhentikan, itukan butuh proses panjang," ungkap Ronald.

Terkait kompensasi Walikota jika diberhentikan sebelum berakhir masa jabatan di tahun depan, Ronald mengatakan anggaran mengenai itu tidak ada ditampung dalam APBD.

"Kalau kompensasi itu mana aturannya, biar kita tampung anggarannya. Yang jelas biaya pelantikan dan biaya kompensasi tidak ada ditampung," tegasnya.