Sumut, hetanews.com - Bank Indonesia mengaku optimis merchant QRIS di Sumatera Utara (Sumut), bisa mencapai target 500 ribu hingga akhir 2021.

"Hingga 24 September jumlah pedagang pengguna QRIS sudah 455.400, sehingga diyakini target 500 ribu merchant bisa tercapai," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Soekowardojo, melansir Antara, Rabu (29/9/2021).

Dengan pencapaian pengguna QRIS, kata Soekowardojo, Sumut tetap tercatat masuk 10 besar penggunaaan QRIS secara nasional.

Peningkatan semakin menggembirakan karena penggunanya sebagian besar atau 298 ribu merupakan usaha skala mikro. Ia mengaku, pihaknya masih terus menyoalisasikan QRIS, khususnya ke tengah komunitas.

"BI juga masih berkeyakinan, pengguna QRIS masih akan terus bertumbuh, apalagi setelah ada pandemi Covid-19, masyarakat lebih memilih. menggunakan non-tunai dalam setiap transaksi,"katanya.

Sebagian besar pedagang pengguna QRIS masih di Kota Medan atau 60 persen dari total pengguna QRIS di Sumut.

BI terus berupaya maksimal untuk memperluas implementasi QRIS ke berbagai kota dan kabupaten. Selain itu, pihaknya terus melakukan berbagai kebijakan untuk mendorong perluasan dan penggunaan QRIS.

Seperti sejak 1 Mei 2021, BI sudah menaikkan batas maksimal nominal transaksi QRIS menjadi Rp 5 juta dari sebelumnya yang hanya Rp 2 juta per transaksi.

sumber: suara.com