SIMALUNGUN, HETANEWS.com - DPRD Simalungun melalui menyetujui rancangan peraruran daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD [P APBD] TA 2021, Selasa (28/9/2021).

Diketahui bahwa pendapatan asli daerah semula sebesar Rp 2,3 Triliun berkurang sebesar Rp 35,6 Miliar. 

Pada sektor belanja daerah semula sebesar Rp 2,2 triliun bertambah sebesar Rp 50,1 milyar. 

Di sektor pembiayaan daerah semula sebesar Rp 141,6 miliar bertambah sebesar Rp 94,1 miliar. 

Jumlah pembiayaan netto setelah perubahan defisit sebesar Rp 13,6 miliar, sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan sebesar Rp 0.

Rapat paripurna itu ditandai dengan penandatanganan berita acara persetujuan bersama oleh pimpinan DPRD Simalungun dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun menyampaikan terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Simalungun yang telah membahas dan menyetujui Ranperda.

Dikatakan, pembahasan rancangan P-APBD TA 2021 telah melalui tahapan-tahapan rapat sejak 31 Agustus hingga 28 September 2021 dan berjalan dengan lancar. 

Hal ini bertujuan demi kesempurnaan dan penajaman skala prioritas atas program dan kegiatan rancangan P-APBD tahun anggaran 2021.

P-APBD ini akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk dievaluasi dan ditetapkan sebagai Perda Kabupaten Simalungun.