TOBA, HETANEWS.com - Wilayah Kecamatan Ajibata sekitarnya tergenang air saat hujan melanda. Air setinggi 50 CM merendam dan menutupi badan jalan. 

Peristiwa banjir tersebut diabadikan oleh pemilik akun Facebook Osborn Bondez Subur Siallagan.

Dilihat dari video yang dibagikan, air menutupi ruas jalan menuju pelabuhan Ferry Ajibata dan komplek pekan tradisional Ajibata. Air hampir menutupi seluruh badan jalan.

Osborn mengatakan hujan berlangsung selama 30 menit sementara parit tidak mampu menampung air hingga air meluap ke badan jalan. 

Di sekitar lokasi banjir ada proyek pembangunan drainase di kawasan itu. Ia pun meminta pihak pelaksana proyek segera memperbaiki kerusakan tersebut.

"Bukan hanya di badan jalan, air juga masuk ke Pelabuhan Ajibata, Pekan Ajibata sehingga dibutuhkan parit besar dan penambahan parit induk untuk pembuangan langsung ke Danau yang tidak cukup hanya satu," kata Osborn dikutip dari akun Facebooknya, Selasa (28/9/2021).

Ia menyarankan penambahan parit untuk membuang secara merata genangan air di parit di belakang kios pelabuhan sayap kiri pelabuhan Ferry.

Saat ini proyek pemasangan parit depan rumah warga sedang berlangsung di Jalan Justin Sirait Ajibata. Parit pembuangan yang ada tidak mampu menampung debit pembuangan air ke Danau.