SIMALUNGUN, hetanews.com - Dalam Aksi Demo yang dilakukan Gemapsi, Selasa (28/09/2021) bersama pegawai PDAM Tirta Lihou di depan Kantor DPRD Simalungun menguak semua permasalahan yang ada di tubuh PDAM Tirta Lihou, dan yang mengutarakan hal tersebut adalah pegawai PDAM Tirta Lihou itu sendiri.

Pegawai PDAM Tirta Lihou yang telah mengadukan permasalahan PDAM Tirta Lihou kepada Gemapsi menyampaikan orasi. Orasi yang disampaikan oleh Nini Sitanggang, mantan kasubag KAS PDAM Tirta Lihou, menyampaikan bahwa terdapat banyak permasalahan pengelabuhaan keuangan pada PDAM Tirta Lihou. 

Pegawai PDAM Tirta Lihou Saat menyampaikan orasinya di depan Kantor DPRD Simalungun

Diantaranya, tidak dilakukan pemeriksaan arus kas PDAM Tirta Lihou pada masa transisi.Terjadi Penggeledahan oleh Kejatisu di PDAM Tirta Lihou, namun tidak ada hasilnya. Sampai saat ini banyak pegawai PDAM Tirta Lihou tidak gajian. Namun penerimaan pegawai baru tetap dilaksanakan. Ada laporan temuan bahwa terdapat panjar pembiayaan yang tidak bisa diselesaikan sudah 3 tahun. Pesangon pensiun belum dan telat dibayarkan.

"Kami sudah menyampaikan hal ini kepada Bupati, tetapi menurut bupati itu bukanlah tugas dirinya. Malah mengatakan kalau Direktur PDAM Tirta Lihou bermarga Sinaga sedangkan dia juga bermarga Sinaga. Permasalahan keuangan PDAM Tirta Lihou, dipastikan tidak merugi, tetapi dilakukan penggelembungan harga," ujar Nina.

Setelah mendengarkan tuntutan dari massa Gemapsi, Timbul Jaya Sibarani selanjutnya menyarankan agar mereka dapat duduk bersama di ruangan DPRD Kabupaten Simalungun untuk membahas tuntuan yang telah disampaikan kepada DPRD Simalungun. Dalam pertemuan tersebut diikuti oleh 5 orang perwakilan dari Gemapsi dan PDAM Tirta Lihou.

"Setelah mendengar tuntutan dari Gemapsi, perwakilan massa dapat beraudensi secara langsung kepada kami di ruang DPRD, " ujar Timbul Jaya Sibarani.

Sesampainya di ruang DPRD Simalungun, rapat dipimpin secara langsung oleh ketua DPRD Simalungun. Dalam penyampaiannya, beliau menyatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pembahasan P - APBD Simalungun dan segera akan usai. Setelah selesai, makan laporan dari Gemapsi pada minggu depan ditindaklanjuti.

" Rabu depan dapat kita lakukan pembahasan bersama terkait permasalan PDAM Tirta Lihou. Kami juga akan mengundang perwakilan pegawai dan Gemapsi untuk dapat memberikan informasi bersifat teknis sehingga persoalan PDAM Tirta Lihou dapat kita selesaikan, " kata Timbul Jaya.

Disambung olehnya, untuk pembentukan pansus akan dilakukan pembicaraan kepada struktur DPRD untuk mendapatkan keselamatan bersama.

Mendengar hal itu, selanjutnya Gemapsi membacakan pernyataan sikap yang disampaikan kepada DPRD Simalungun dan berjanji akan menagih kepada DPRD Simalungun atas pernyataan melakukan pembahasan pada Minggu depan.