Medan, hetanews.com - Kota Medan akhirnya berhasil menekan angka kasus Covid-19. Kota ini saat ini sudah ditetapkan masuk ke dalam daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, usai sebelumnya berstatus Level 4.

Penetapan status PPKM Level 3 ini seusai dengan Surat Edaran Wali Kota tentang PPKM Level 3 Nomor 443.2/9055.

Dengan begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan mulai melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat. Di antaranya, sekolah akan kembali dibuka, rumah makan boleh menerima makan di tempat, resepsi pernikahan diperbolehkan dan bioskop boleh beroperasi kembali.

Saat dibukanya bioskop, Pemkot Medan masih mengharuskan pihak pengelola menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Selain itu, ada beberapa aturan yang harus diterapkan, salah satunya pegawai harus sudah divaksin.

Melansir dari unggahan akun Instagram @prokopim_pemkomedan pada Kamis (23/9), berikut informasi selengkapnya.

  • Pegawai Wajib Vaksin

Sebelum bioskop yang ada di Kota Medan dibuka, Pemkot telah meminta pengelola untuk memastikan agar pegawainya telah melakukan vaksinasi Covid-19. Pengunjung juga wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam Peduli Lindungi yang diperbolehkan masuk.

Nantinya, Wali Kota Medan Bobby Nasution akan memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengecekan di lokasi.

"Apakah karyawan sudah vaksin, jangan penonton di minta sudah vaksin, justru karyawan bioskop belum, takutnya," kata Bobby pada Kamis (23/9).

  • Jumlah Penonton Dibatasi

Selain itu, pengunjung yang hendak menonton di bioskop juga masih harus dibatasi dan menerapkan prokes. Bioskop hanya boleh menerima pengunjung maksimal 50 persen dari jumlah kursi yang tersedia.

Kemudian, makan dan minum di dalam bioskop juga tidak diperbolehkan serta anak di bawah 12 tahun dilarang memasuki bioskop.

"Nanti saya suruh cek. Mana bioskop, mana buka, akan kita cek. Makan minum gak boleh di dalam, itu aturan, prokes 50 persen dari jumlah kursi. Dan anak di bawah 12 tahun gak boleh," tegas Bobby.

sumber: merdeka.com