MOJEKERTO, HETANEWS.com - Targetkan percepatan terwujudnya kekebalan komunal, Kodam V/Brawijaya kian mengintensifkan serbuan vaksin di wilayah Jawa Timur, tidak terkecuali di wilayah Kodim 0815/Mojokerto. Kali ini serbuan vaksin menyasar ratusan pelajar SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto, Senin (27/09/2021).

Kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 tahap satu dosis pertama ini merupakan kolaborasi TNI – Pemda melalui Satkowil dan Dinkes setempat.  Sasaran vaksinasi para pelajar ini berkaitan dengan adanya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

Danramil 0815/18 Gondang Kodim 0815/Mojokerto Kapten Czi M. Saikhu Anwar yang turun langsung memantau vaksinasi bersama Kepala UPT Puskesmas Gondang, drg. Rosa Priminita dan Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 1 Gondang, Gunadi, S.Pd., mengatakan, vaksinasi Covid -19 jenis sinovac tahap 1 dengan sasaran Pelajar SMA Negeri 1 Gondang ini dimaksudkan untuk meningkatkan imunitas sehingga para pelajar memiliki daya tangkal terhadap serangan virus corona.

Selain itu, lanjutnya, vaksinasi ini juga bertujuan untuk percepatan target cakupan vaksin 50 persen dosis pertama bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto. Terlebih dengan digelarnya pembelajaran tatap muka (PTM), vaksinasi ini merupakan salah satu yang dipersyaratkan.

“Penyuntikan vaksin bagi pelajar ini untuk mengantisipasi timbulnya cluster baru di sekolah. Tidak hanya melalui vaksinasi, untuk mencegah hal tersebut, pihaknya bersama Forpimka, Kepala UPT PKM dan Korwil Diknas, menghimbau pihak sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan mewajibkan para siswa dan tenaga pengajar bermasker, pihak sekolah harus menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizier”, tegasnya.

Dikatakannya lebih lanjut, dalam vaksinasi ini, mengerahkan vaksinator dari Kodim 0815/Mojokerto dan Nakes UPT Puskesmas Gondang, sementara untuk layanan P-Care Covid-19 bersandar ke UPT PKM Gondang.

Pantauan di lapangan, para Nakes TNI dan PKM Gondang berhasil menyuntikan 436 dosis vaksin sinovac bagi para pelajar SMAN 1 Gondang. Para pelajar tampak senang ketika selesai observasi menerima sertifikat vaksin dari petugas.