Jakarta, hetanews.com - Kondisi COVID-19 di Indonesia sedang membaik setelah dihantam tsunami wabah yang membuat rumah sakit kolaps. Presiden Jokowi kini banyak berbicara mengenai era pandemi menjadi endemi.

"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan COVID-19, dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena COVID-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama," ucap Jokowi melalui Instagram, Senin (27/9).

Jokowi menyebut COVID-19 membaik beberapa pekan pekan terakhir setelah 1,5 tahun mewabah di Indonesia. Dampaknya, fasilitas kesehatan membaik dan interaksi sosial pun diperlonggar.

"Rumah-rumah sakit tak lagi disesaki pasien COVID 19, pusat-pusat isolasi mandiri di berbagai kota di tanah air mulai melonggar. Status level PPKM di berbagai daerah sudah turun, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata, mulai dibuka, dan sekolah-sekolah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka," beber Jokowi.

Faktor yang membuat COVID-19 terkendali adalah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), )vaksinasi massal, dan kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

"Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. COVID-19 tetap mengintai di sekitar kita," pungkas mantan Gubernur DKI itu.

sumber: kumparan.com