Medan, hetanews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau ada sebanyak 18 titik panas di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara pada Jumat (24/9).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha R. Manurung di Medan mengatakan, sebanyak 18 titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20.

18 titik panas tersebut terpantau di Kabupaten Karo 1 titik, Labuhanbatu 1 titik, Labuhanbatu Utara 2 titik, Langkat 2 titik, Medan 2 titik, Padanglawas Utara 3 titik, Serdang Bedagai 5 titik, Tanjungbalai 1 titik dan Tapanuli Selatan 2 titik.

Sementara terkait cuaca, siang hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di Deli Serdang, Langkat, , Simalungun, Asahan, Kep. Nias, Humbahas, dan sekitarnya.

Sore-malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di Deli Serdang, Medan, Langkat, Binjai, Serdang Bedagai, Simalungun, Pematangsiantar.

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di Pematangsiantar, Asahan, Tj. Balai, Batubara, T.ebing Tinggi, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Kepulauan Nias, Tapteng, Humbahas, Madina, Pakpak Bharat, Samosir, Dairi, Karo, Toba, Taput, dan sekitarnya

Pada dini hari umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan di Asahan, Batubara, Labura, Labuhanbatu, dan sekitarnya.

Suhu udara 24.0-32.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, angin berhembus dari tenggara-barat laut dengan kecepatan 10-30 km/jam, demikian Martha R. Manurung. 

sumber: merdeka.com