SIMALUNGUN, HETANEWS.com Jaksa Juna Karokaro SH menuntut pidana penjara selama 4 tahun terhadap terdakwa Aan Gunanti warga Nagori Bangun Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Karena terbukti mencuri kabel MVTIC milik PT PLN di jalan Asahan Km 15 Simalungun.

"Menuntut agar terdakwa dijatuhi hukuman selama 4 tahun penjara potong tahanan sementara yang telah dijalani," sebut Juna dalam persidangan terbuka untuk umum di Pengadilan Negeri Simalungun,yang digelar secara online, Kamis (23/9/2021).

Terdakwa dipersalahkan jaksa melanggar pasal 363 (1) ke-4e tentang pencurian dengan keadaan yang memberatkan. Akibat perbuatan terdakwa, PT PLN mengalami kerugian sekitar Rp.298.931.

Pencurian tersebut dilakukan terdakwa bersama 2 temannya Pras dan Andi als Bagol (masing masing DPO) pada Senin, 14 Juni 2021 sekira pukul 23.30 wib. Sebelumnya, terdakwa mengendarai mobil pick up dan disimpan di bengkel las milik Bagol. 

Lalu membawa perlengkapan untuk memotong kabel. Kabel yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam goni dan dibakar. Karena untuk mengelupas kulit luar kabel aluminium. 

Atas tuntutan pidana tersebut, terdakwa bermohon kepada hakim agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Untuk putusan, persidangan dipimpin hakim Mince Ginting ditunda hingga Selasa, (28/9) mendatang.