JAKARTA, HETANEWS.com - Kapten timnas bulu tangkis Indonesia, Hendra Setiawan, mengakui bahwa mereka akan menghadapi tantangan sulit di Piala Sudirman. Namun ia ingin rekan-rekannya bisa bermain lepas untuk memanfaatkan peluang.

"Peluang semua tim 'fifty-fifty', tergantung nanti bagaimana di lapangannya saja. Semoga semua bisa bermain lepas," kata Hendra lewat keterangan resmi PBSI di Jakarta, Selasa.

Sebagai atlet paling senior di timnas, Hendra Setiawan siap berbagi pengalaman dengan anggota yang lain. Menurutnya, tampil di kejuaraan beregu dan perseorangan itu berbeda.

Dengan tegas ia siap mendukung agar pemain muda bermain lebih lepas dan tidak dalam tekanan saat bertanding.

"Saya senang dan terbuka dengan pemain muda yang masuk tim. Sangat bagus ya, karena jadi pengalaman buat mereka bagaimana tampil di ajang beregu yang besar. Saya lebih banyak kasih masukkan saja ke mereka nanti," kata atlet yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan itu.

Ia yakin Skuad Merah Putih bisa tampil baik, didukung pula oleh atlet yang sudah kenyang pengalaman dari hampir semua sektor.

"Harapannya tentu bisa mendapat hasil maksimal. Kami punya peraih medali emas Olimpiade di ganda putri, pemain nomor satu dunia di ganda putra, Jonatan dan Ginting di tunggal putra juga bagus. Merata lah kekuatannya, semoga tahun ini bisa membawa pulang Piala Sudirman," Hendra menyebutkan.

Greysia Polii merasa bahwa tim Piala Sudirman kali ini terasa lebih kompak dan kebersamaan tim juga sangat kental.

"Saya lihat kebersamaan dan kekompakan tim kali ini begitu kental. Ini bisa menjadi modal bagi Indonesia untuk merebut Piala Sudirman," ujar peraih medali emas Olimpiade Tokyo tersebut.

"Kami juga memohon doa restu seluruh rakyat Indonesia agar bisa bermain maksimal dan memetik sukses di Finlandia nanti," kata Greysia.

Piala Sudirman akan digelar di Kota Vantaa, Finlandia, pada 26 September-3 Oktober. Indonesia, yang diperkuat 11 atlet putra dan sembilan putri, berada di Grup C bersama Denmark, Komite Olimpiade Rusia, dan Kanada.

Baca juga: Piala Sudirman 2021: Tim Bulu Tangkis Indonesia Bertolak ke Finlandia

Sumber: tempo.co