SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Terdakwa Bintara Ivan Dara Gultom (24) warga Afdeling I Bah Butong Kecamatan Sidamanik dituntut 3 tahun penjara karena terbukti membeli ganja untuk dikonsumsi bersama-sama dengan temannya yakni Rizky Ramadan (20) dan Luis Likardo Saragih (20),

masing masing dituntut 2,6 tahun oleh jaksa Juna Karokaro SH di sidang online Pengadilan Negeri Simalungun, Rabu (22/9/2021).

Ketiga terdakwa dipersalahkan jaksa melanggar pasal 127 (1) huruf a Jo 55 (1) ke-1 KUH Pidana. Para terdakwa ditangkap polisi Polsek Serbelawan pada Senin (29 Maret 2021) sekira pukul 0.30 Wib di sebuah cakruk di Huta II Emplasmen Dolok Ilir Nagori Dolok Tenera Kecamatan Dolok Batunanggar. 

Saat ditangkap, ke tiganya sedang mengisap ganja yang dibeli oleh terdakwa Bintara Ivan Dara Gultom seharga Rp 50 ribu di depan USI Jalan SM Raja Kota Siantar pada 27 Maret 2021.

Terdakwa Bintara sudah biasa membeli ganja dari depan USI dari Jidan (DPO) seharga Rp 50 ribu. Lalu dibawa pulang ke rumahnya di Dolok Batunanggar dan digunakan bersama 2 terdakwa lainnya.     

Melihat Polisi, salah seorang di antara para terdakwa membuang puntung rokok bercampur ganja. Kemudian sebuah tas sandang milik Bintara berisi ganja dan 3 lembar kertas tuktak disita oleh polisi.

Ats tuntutan jaksa tersebut, ke-3 terdakwa memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan. Karena mengakui terus terang perbuatan nya dan menyesalinya. 

Untuk mendengar vonis majelis hakim diketuai Nurnaningsih SHMH, persidangan akan dilanjutkan pada Selasa mendatang.

Baca juga: Titik Terang, Dinas Pendidikan Akan Lakukan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka