SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Terdakwa Rizky Fauzan Damanik (31) penduduk Jalan Dista Bulan Kelurahan Pematang Bandar Kecamatan Bandar Simalungun, minta hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesali perbuatannya dan berjanji akan bertobat.

Hal itu dikatakan terdakwa didampingi pengacara dari LBH PK Bismar Siahaan SH dalam persidangan terbuka untuk umum di Pengadilan Negeri Simalungun yang digelar secara virtual, Rabu (22/9).

Permohonan tersebut menanggapi tuntutan jaksa Juna Karokaro SH. Yang menyatakan terdakwa terbukti memiliki sabu sebanyak 0,12 gram, dan menuntut pidana penjara selama 6 tahun denda 800 juta subsider 6 bulan penjara.

Menurut jaksa, terdakwa ditangkap polisi pada Kamis 18 Maret 2021 di perladangan kelapa sawit di Jalan Kampung III Pematang Bandar. Petugas menyita satu paket kecil sabu di dalam tas sandang milik terdakwa.

Sabu tersebut diakui terdakwa dibeli dari temannya bernama Kholik (DPO) seharga Rp 100 ribu. Rencananya, sabu tersebut akan dipergunakan sendiri oleh terdakwa di perladangan kelapa sawit Kampung III.

JPU mempersalahkan terdakwa melanggar pasal 112 (1) UU RI No.35/2009 tentang narkotika. Untuk putusan, persidangan dipimpin hakim Nurnaningsih SH MH dibantu panitera P.Satagih SH dinyatakan ditunda hingga Selasa (28/9) mendatang.