HETANEWS.com - Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit memprediksi jumlah orang dalam pemantauan (ODP) corona di Sumatera Utara akan meningkat dalam dua Minggu. Musababnya lantaran seorang wanita di Medan dinyatakan positif corona, Kamis (19/3).

"Tadi disampaikan ada 53 ODP, dengan bertambahnya satu pasien ini artinya akan bertambah ODP. Ini (ada) dari satu rantai lagi yang akan kami telusuri. Melihat kondisi yang berkembang, secara epidemiologi, dalam dua minggu ini akan ada peningkatan," ujar Alwi dalam keterangan persnya, Kamis (19/3).

Karena jumlah kasus corona yang terus meningkat, Alwi meminta masyarakat, khusunya ODP, lebih disiplin dalam melakukan social distancing.

" Karena dari ODP, ada itu yang tidak terlalu patuh untuk tetap tinggal di rumah. Akibatnya terjadi seperti yang sekarang ini," ujar Alwi.

"Dengan kondisi seperti itu kemungkinan akan ada peningkatan. Makanya kita harus memutus rantai penularan," ujar Alwi.

Sebelumnya, Jumlah pasien positif corona di Sumatera Utara terus bertambah. Total saat ini jumlahnya dua, setelah seorang wanita berusia 51 tahun dinyatakan positif corona.

Untuk update kasus corona di Sumut sendiri, total ada 2 pasien positif corona, satu diantaranya meninggal. Lalu ada 19 pasien dengan pengawasan (PDP) dan 53 ODP.

Sumber: kumparan.com