SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Mempromosikan Pariwisata Danau Toba yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, BPTD Wilayah II Sumut melalui Satuan Pelayanan (Satpel) Danau Toba mengajak kapal wisata melakukan pawai dan parade keliling dalam rangka menyemarakkan Hari Perhubungan Nasional 2021 di perairan Danau Toba, Parapat - Ajibata, Minggu (18/09/2021).

Kegiatan Pawai dan Parade kapal wisata diikuti oleh berbagai komunitas kapal dari Parapat Ajibata. 

Sebanyak 20 kapal wisata yang telah memenuhi standar berlayar sebagai kapal wisata, baik kelengkapan administrasi, teknik dan pelayanan jasa di kapal wisata.

Sebelum pawai, pihak  BPTD Wil II Sumut Satpel Toba melakukan penyerahan secara simbolis 40 life jacket dan 20 Ring Buoy (Pelampung) kepada nakhoda kapal yang menjadi peserta.

Pawai dimulai dari pantai Pesanggrahan Bung Karno tanpa membawa penumpang menuju Desa Sualan, dan berputar kembali ke pantai bebas dan Atsari, selanjutnya ke pantai Khas Hotel, melewati Pesanggrahan menuju pelabuhan Tigaraja, dan Finish di perairan Ajibata Kab Toba.

BPTD II Wil Sumut melalui Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Toba Rijaya Simarmata sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan, konvoi dan parade kapal wisata ini bertujuan memeriahkan Harhubnas 17-09-2021, sekaligus berpartisipasi membangkitkan dan mempromosikan kembali pariwisata Danau Toba yang sudah mati suri selama Pandemi Covid, terutama transportasi wisata.

"Melalui Harhubnas 2021, kita bersinergi mempromosikan pariwisata yang sedang terpuruk akibat pandemi, maka melalui pawai ini kita menunjukkan kepada publik bahwa pelayanan jasa kapal wisata di Danau Toba sudah siap dan laik melayani perjalanan wisata," imbuh Rijaya.

Dia juga menjelaskan bahwa parade kapal wisata ini sengaja dialihkan pada hari Minggu saat pengunjung sedang ramai, untuk memperkenalkan kepada wisatawan atas keberadaan dan pelayanan kapal wisata di Danau Toba.

"Kita memilih kegiatan ini pada hari Minggu karena diharapkan pengunjung bisa melihat sekaligus mengetahui bahwa kapal wisata Danau Toba telah siap melayani pengunjung dengan pelayanan jasa pariwisata yang maksimal tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," ujar Rijaya menjelaskan.

Dalam perjalanan konvoi, kapal wisata mempraktekkan jenis formasi di tengah Danau termasuk Radio, Simbol dan arti Sirine Kapal, kecepatan serta kelaikan unit dan pelayanan crew kapal, juga contoh atraksi manuver kapal oleh tim Polairud dan SAR.

Kepala Unit Polairud Danau Toba Ipda E Sitinjak yang ikut dalam pawai menyatakan, siap mendukung dalam pengamanan berbagai kegiatan kepariwisataan di perairan Danau Toba.

"Tim pengamanan dan keselamatan di perairan Danau Toba siap memberi pelayanan, dan mengajak wisatawan tidak takut berwisata ke Danau Toba, Sudah sangat layak dikunjungi karena telah dilengkapi dengan tim dari Polairud dan SAR, kepada wisatawan silahkan datang ke Danau Toba tentu dengan protokol kesehatan," Ujar E Sitinjak.

Hal Senada juga disampaikan oleh Danpos SAR Danau Toba Hisar Turnip, melalui semarak Harhubnas ini kedepan semoga instansi terkait dan mitra kerja bisa saling bersinergi dalam pelayanan, pengaman dan keselamatan di Danau Toba.

"Kita berharap semoga kedepan semua instansi dan stakeholder terus meningkatkan sinergitas untuk mendukung pelayanan dalam kelengkapan keselamatan baik di Danau dan di Darat, sehingga terjadi sebuah keutuhan kerjasama tim untuk memperkuat pelayanan terhadap masyarakat dan pengunjung di Danau Toba," ungkap Hisar.

Sementara Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara melalui Kasi Kesswas UPT ADP Parapat, Hakim Bukit, didampingi Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Toba Herbin Tampubolon S.Sos, MT bersama Kabid Danau Dinas Perhubungan Kab Simalungun Hinsa SP Siringoringo, mendukung dan mengapresiasi pawai kapal wisata dalam menyemarakkan harhubnas 2021

"Kami mengucapkan Selamat Hari Perhubungan Nasional 2021, mari sama sama menjaga kelestarian pariwisata Danau Toba dengan menjaga keselamatan transportasi untuk kunjungan wisata dengan memperhatikan perlengkapan keselamatan yang ada di dalam kapal dengan berkesinambungan, demi eksistensi Pariwisata Danau Toba, " ungkap Bukit.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Toba Herbin Tampubolon turut mengapresiasi kegiatan pawai kapal wisata yang diinisiasi Kementerian Perhubungan melalui BPTD Wil II Sumut Satpel Toba.

"Kami mengapresiasi semarak Harhubnas ini, dan berharap kedepan seluruh instansi terkait baik dari Kemenhub, BPTD Wil II, Dinas Perhubungan Provinsi dan kabupaten agar tetap Solid dan event seperti ini bisa berkelanjutan di berbagai wilayah di Danau Toba," ujar Herbin.

Kabid Danau Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun Hinsa SP Siringoringo mengucapkan dirgahayu Perhubungan Nasional dan berterimakasih atas koordinasi dan kegiatan semarak Harhubnas.

"Mari kita tingkatkan hubungan kerjasama antar instansi yang terkait dan mitra kerja di lapangan  demi kinerja perhubungan demi mewujudkan pelayanan di perairan Danau Toba," lanjut Hinsa

Ketua Koperasi OPS (Organisasi Pengusaha Sejenis) Marihat Permai Ramjan Siallagan mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kegiatan yg di inisiasi Kemenhub melalui BPTD Wil II Sumut Satpel Toba, atas perayaan sederhana Harhubnas 2021 dalam mempromosikan pariwisata Danau Toba.

"OPS Marihat Permai merasa bersyukur atas perhatian dari Kemenhub dan jajarannya dalam kepedulian membangkitkan dan menggairahkan komunitas kapal wisata tradisional Danau Toba dan berharap kegiatan ini bisa berkesinambungan menjadi kalender Tahun,

dan pihak OPS siap menjadi tim dan menggerakkan roda kegiatan agar promosi Danau Toba menjadi meningkat dan lebih maju sesuai harapan kita bersama menjadi daerah wisata super prioritas," kata Ramjan Siallagan.

Siallagan juga mengajak semua stakeholder yang terkait dengan Pariwisata Danau Toba, supaya serius dan tulus dalam menjaga kenyamanan pengunjung.

"pengunjung adalah Raja sehingga kita wajib memberi pelayanan maksimal, agar mereka nyaman dan betah di Danau Toba" imbuhnya

Adapun kapal wisata yang ikut memeriahkan pawai kapal wisata Harhubnas KM.HMS 01, KM.NATIO 01, KM.JAM, KM.HMS 02, KM.ADINDA, KM.DEBORA TOUR, KM.SARINA, KM.NATIO 07,

KM.MARCEL 02, KM STAR 03, TOBA CRUISE 11, KM.STAR 04, KM.ARTAULI, KM.TUNAS INDAH, KM.META, KM ROY 11, KM.KANRO, KM.ARIMBI, KM.HMS 03, KM STEVEN JORDAN.

Hadir dan ikut bersama dalam pawai puluhan kapal wisata ini terdiri dari perwakilan Kementerian Perhubungan yang diwakili BPTD Wil II Sumut Satpel Toba Rijaya Simarmata bersama staf, DanSAR Danau Toba Iptu Hisar Turnip dan tim,

Danpos Polairud Danau Toba IPDA E Sitinjak dan tim, mewakili Dinas Perhubungan Provinsi Hakim Bukit, mewakili Kabupaten dari kawasan Danau Toba Sekdishub Kab Toba Herbin Tampubolon

 bersama staff dan Simalungun Purbai,  Mitra dari perusahaan BPTD PT ASDP  dan didukung penuh oleh berbagai komunitas OPS di kawasan Parapat Ajibata dan Danau Toba.