Sergai, hetanews.com - Ratusan kios di Pajak Lama Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, diamuk si jago merah, Kamis (16/9/2021).

Informasi dihimpun, kebakaran terjadi dengan sangat cepat. Tak sampai setengah jam, ratusan kios ludes terbakar.

Proses pemadaman melibatkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Sergai dan Deli Serdang. "Semua unit kita turunkan dan ada dari Pakam. Totalnya ada tujuh unit," kata Kasat Pol PP Fajar Simbolon.

Ia mengungkapkan proses pemadaman api berlangsung cukup alot. Mereka membutuhkan waktu satu setengah jam untuk menjinakkan si jago merah. "Dari jam setengah tujuh, sekitar satu setengah jamlah. Api cepat menyebar karena rapat-rapat kali," paparnya.

Ia mengaku, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang hanguskan total 144 bangunan. Saksi mata yang melihat kejadian mengungkapkan, api cepat membesar dan menjalar. Tak sampai setengah jam, api hanguskan bagunan ruko dan kios.

"Apinya besar, cepat sekali maraknya. Dua puluh menit saja ratusan kios ludes terbakar. Banyak barang yang gak terselamatkan," papar Adi, saksi mata yang menyaksikan peristiwa itu.

Banyaknya titik api menjadi penyebab api dengan vepat menghanguskan bagunan kios beserta isinya. Bahkan, sempat terdengar suara ledakan. Suara itu bersumber dari trafo yang meledak karena terbakar. Namun, belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya telah mendatangi lokaso kebakaran disela kegiatannya. Ia pun mengungkapkan turut berduka atas peristiwa yang menimla para pedagang. Pihaknya akan melakukan langkah guna membantu pedagang yang tertimpa musibah kebakaran.

sumber: suara.com