Deliserdang, hetanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar kunjungan ke Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Kamis (19/9/2021). Dalam kunjungan tersebut, pelajar sekolah di wilayah tersebut disiapkan untuk menyambut kedatangan orang nomor satu Republik Indonesia.

Siswa SD dan SMP yang dipersiapkan menyambut Jokowi di depan gerbang sekolah, tampak saling berdiri berhimpitan dan tidak berjarak. Bahkan, sebelum Jokowi tiba, mereka nampak terduduk lemas di pinggiran jalan berumput.

“Kasihan kali para siswa ini, kecapekan nunggu,” ucap salah seorang warga.

Meski sejak lama menunggu, mobil kepresidenan berpelat Indonesia 1 itu tiba di SMKN 1 Beringin sekira pukul 15.19 WIB dan tak berselang lama, sekitar pukul 15.37 WIB rombongan tersebut kembali melanjutkan perjalanan.

Sementara itu di tempat terpisah, masih dalam rangkaian kunjungan di Deliserdang, Jokowi didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan door-to-door di Dusun Amal Bakti, Desa Emplasmen Kualanamu Kecamatan Beringin. Presiden Jokowi Sisir Warga Hingga ke Dusun di Deliserdang

“Kita ingin menyisir agar seluruh masyarakat mendapatkan vaksin dan kita segera bisa terhindar dari penyebaran Covid-19,” jelas Jokowi, di sela-sela peninjauan vaksinasi tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah tersebut, kata Jokowi, merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk mengajak warga ikut vaksinasi, dengan harapan langkah ini akan mempercepat vaksinasi.

“Hari ini kita lakukan vaksinasi dari pintu ke pintu untuk masyarakat, untuk memastikan distribusi dan percepatan vaksin berjalan di seluruh provinsi, kabupaten/kota, di tanah air kita,” ujarnya.

Karena tingginya antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin, sehingga pemerintah turun ke dusun-dusun.

Lantaran itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut, faktor kunci pencegahan penyebaran Covid-19, yakni menjaga protokol kesehatan (prokes) dan melakukan vaksinasi.

“Saya sangat menghargai antusias masyarakat di Deliserdang ini yang ikut vaksinasi door to door. Kita harapkan akan mempercepat dan memperbanyak persentase vaksinasi yang ada di provinsi Sumatera Utara,” pungkasnya.

Sementara, Gubernur Edy menyampaikan, kunjungan Presiden RI ke Deliserdang merupakan bentuk dukungan penuh pemerintah pusat kepada daerah, dalam rangka memaksimalkan dan mempercepat upaya vaksinasi kepada masyarakat.

“Kita (sampaikan) terima kasih kepada Presiden RI, Bapak Joko Widodo sudah datang ke Sumatera Utara. Dengan perhatian ini, kita harapkan vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan selama ini, bisa semakin banyak jumlahnya, sesuai target setidaknya 70 persen dari jumlah penduduk,” ujarnya.

sumber: suara.com