SIANTAR, HETANEWS.com - Dari 7 Gugatan sederhana yang dimajukan ke Pengadilan Negeri Siantar, 3 diantaranya sudah diputuskan. Anggota DPRD Siantar Ferry SP Sinamo selaku tergugat dihukum untuk mengembalikan uang penggugat secara tunai, kontan dan sekaligus.

Dari 3 gugatan yang dikabulkan atas nama Penggugat Tienny Sulastri Sihotang, Leonardo Hasudungan Simanjuntak dan Suandi Apohan Sinaga. Total yang harus dibayarkan senilai Rp.694.000.000.-.

Demikian dikatakan Kuasa Penggugat Binaris Situmorang SH dan Gokmauli Sinaga kepada wartawan, Kamis (16/9/2021) usai persidangan di Pengadilan Negeri Siantar.

"Kami sebagai Kuasa Hukum Penggugat, mengapresiasi pertimbangan dan putusan hakim dalam perkara ini," kata Binaris.

Majelis hakim yang berbeda Rahmat Hasibuan SH, Fhytta Sipayung SH, Nasfi Firdaus SH masing masing dalam putusannya  mengabulkan sebahagian gugatan penggugat.

Baca juga: Mengaku Terhipnotis, Menantu Ferry Sinamo Akhirnya Ditahan

Menyatakan surat perjanjian penitipan modal usaha dan surat perjanjian modal usaha jenis saham (trading) adalah sah menurut hukum dan batal karena Tergugat Ferry Sinamo ingkar janji (wanprestasi).

Dijelaskan Binaris, jika dalam putusan perkara gugatan sederhana tersebut tidak ada upaya banding. Hanya mengajukan keberatan dalam 7 hari setelah pembacaan putusan.

Hakim dalam perkara No.9/Pdt.G/2021/Pn-Pms menyatakan sah dan berharga sita jaminan yang diletakkan atas harta benda kekayaan Tergugat baik yang bergerak maupun tidak bergerak. Putusan tersebut serta merta walaupun ada perlawanan.

Ferry Sinamo masih menunggu 4 gugatan lainnya yang sedang berjalan atas nama Penggugat Lerisma, Diana Tarihoran, Rugun dan Juniar. 

Baca juga: Satu Fraksi di DPRD Siantar, Suandi dan Ferry Sinamo Saling Berhadapan di Persidangan