MEDAN, HETANEWS.com - Polisi berhasil menangkap lima orang pelaku perampokan toko emas di pasar Simpang Limun, Jalan Sisingamangaraja Medan.

Kelimanya yakni,Farel (21), warga Jalan Garu 1, Gang Manggis Kecamatan Medan Amplas, Paul (32), warga Jalan Menteng VII, Gang Horas, Kecamatan Medan Denai, Hendrik (38), warga Jalan Paluh Kemiri Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Prayogi alias Bejo (25), Jalan Bangun Sari No 81 Link II, Kecamatan Medan Johor dan Deni.

Satu diantaranya, yaitu Hendrik ditembak mati. Ia merupakan otak perampokan tersebut. Adapun titik kumpul dan rute pelarian mereka sebagai berikut.

Beberapa hari sebelum beraksi Hendrik menemui Deni. Disitu ia mengatakan ingin merampok namun tidak ada rekan kerjasama.

Lalu ia meminta Deni agar mencari orang yang bisa diajak kerjasama. Disitu Deni menemukan Farel, Paul, Prayogi yang bersedia bekerjasama merampok.

Empat pelaku perampokan toko emas di pasar Simpang Limun, Jalan Sisingamangaraja Medan saat di Mapolda Sumut, Rabu (15/9/2021).(TRIBUN MEDAN/FREDY SANTOSO) (TRIBUN MEDAN/FREDY SANTOSO)

Sehari sebelum perampokan yakni, 25 Agustus mereka pun melakukan survey dan membicarakan strategi. Lalu disepakati toko emas Masrul F dan Aulia Chan menjadi target.

Besoknya mereka Berkumpul di dekat Kampus Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) yang berada di Jalan Medan Tenggara atau Menteng kemudian mereka menuju ke pasar Simpang Limun melewati Jalan Seksama, lalu menuju ke Jalan M Nawi Harahap dimana lokasi target perampokan sekitar pukul 14:30 WIB.

Usai melakukan aksinya mereka melarikan diri melewati kantin yang ada di dalam pasar kemudian keluar lewat pintu belakang pasar dan berkendara melalui Jalan M Nawi Harahap dan kembali melintas di Jalan Menteng lalu mereka ke Jalan Panglima Denai kemudian melewati Jalan Pasar V Tembung dan berakhir di Jalan Balai Desa, Kecamatan Batang Kuis yang merupakan lahan kosong tempat Hendrik memancing.

Disitu mereka mulai berpisah dan membuka jaket, masker, topi dan sepatunya. Hendrik (38), pulang kerumahnya yang berada di Jalan Paluh Kemiri Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang melalui rute Jalan besar Batang Kuis menggunakan sepeda motornya.

Setelah itu ia pun kabur ke rumah orangtuanya di Kabupaten Dairi menggunakan sepeda motor Honda Beat yang ia bawa merampok. Sementara Farel, Prayogi, Paul berboncengan tiga menggunakan sepeda motor Honda Scoopy.

Sumber: tribunnews.com