Deli Serdang, hetanews.com - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan Abdi Bakti Tani tahun 2021 kepada Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, Senin (13/9/2021). 

Ma'ruf Amin mengapresiasi kinerja sektor pertanian Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan produksi.

Pertanian juga dinilai mampu menjadi tulang punggung ekonomi nasional serta memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kita harus bersyukur bahwa di tengah disrupsi yang diakibatkan pandemi, sektor pertanian ternyata mampu hadir sebagai tulang punggung perekonomian nasional," katanya.

Ia mengingatkan, selama ini ada tiga hal penting yang menjadi tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia. Ketiganya adalah melakukan pemenuhan pangan rakyat secara total, meningkatkan kesejahteraan petani dan melakukan peningkatan ekspor secara berkelanjutan.

Di sisi lain, sektor pertanian mampu menyerap jutaan tenaga kerja yang terdampak PHK. Berdasarkan hasil survei BPS, angkatan kerja nasional yang menyerap tenaga kerja paling banyak adalah sektor pertanian.

"Tumbuhnya pertanian di masa krisis seperti ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan sinergi integratif dan kolaboratif antar insan pertanian serta komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dan pusat," katanya.

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto mengaku, data fasilitasi ekspor komoditas pertanian asal Kabupaten Deli Serdang yang meningkat sebesar Rp. 3 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun lalu (YoY).

Sebagai informasi, para penerima penghargaan bidang Pertanian Tahun 2021 untuk kategori peningkatan produktifitas provinsi dan kabupaten tertinggi tahun 2019/2020 untuk tingkat Provinsi adalah Lampung, Jawa Timur, Banten, Sumatera Selatan dan Jambi. Sementara untuk tingkat Kabupaten adalah Cilacap, Brebes, Ngawi, Ogan Ilir Komering Ulu Timur dan Gresik.

Sementara itu, kategori Peningkatan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi Periode pada Januari 2020 sampai dengan Juni 2021 untuk tingkat Provinsi adalah Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Jambi, Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara. 

Sementara untuk tingkat Kabupaten adalah Kota Baru, Deli Serdang, Kotawaringin Barat, Semarang dan Bintan.

sumber: suara.com