Medan, hetanews.com - Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Medan masih berada di Level 4, alias belum resmi turun ke Level 3.

"Kemarin memang Pak Menko (Airlangga) mengatakan kita sudah masuk Level 3. Tapi secara resmi status Medan masih level 4 di surat itu. Walaupun di lapangan seperti yang dibilang Pak Menko sudah Level 3," kata Bobby.

Bobby mengatakan masih ada beberapa data yang perlu diperbaiki. Sebab hasil input data yang dilaporkan ke Pemprov Sumut selama ini terjadi kesalahan laporan.

"Ada beberapa data yang perlu diperbaiki, karena data tersebut memang ada laporan seperti yang saya katakan selama ini. Hasil peng-inputan data yang dari klinik atau rumah sakit yang bukan milik Pemkot Medan, itu laporannya ke Pemprov, saya bukan enggak mau disalahkan ya. Jadi terkadang, ketika ada yang positif kami data, ketika dia dites negatif dia melakukan yang mandiri, namun di kami tidak terlapor," urai Bobby.

Atas kondisi tersebut, Bobby memutuskan pembelajaran tatap muka di Medan masih belum boleh digelar secara langsung.

"Belajar tatap muka belum bisa digelar. Ini kan secara resmi status Medan masih level 4 di surat itu. Jadi belum boleh tatap muka. Untuk BOR Isolasi sudah turun menjadi 40 persen. Kalau ICU yang agak sedikit lebih tinggi, tapi lebih tinggi 5 persen," bebernya.

PPKM Level 4 di Medan diperpanjang hingga 20 September 2021, sesuai dengan Instruksi Mendagri No.40 dan 41 Tahun 2021.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Medan, hingga Senin, 6 September 2021, jumlah pasien positif Covid-19 di daerah ini mencapai 44.844, meninggal dunia 865, dan sembuh 36.493.

sumber: cnnindonesia.com