SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Persidangan dipimpin hakim Vera Yetty Magdalena SH menjatuhkan vonis 5 tahun denda 1 Milyar subsider 6 bukan kepada terdakwa Syahputra (20) warga Huta III Lanbow Kelurahan Lanbow Kecamatan Bandar Simalungun. 

Sedangkan terdakwa Muhammad Dinur (32) divonis 7 tahun denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan. Syahputra terbukti membeli sabu dari Dinur. Keduanya dinyatakan bersalah melanggar pasal 114 ayat (1) UURI No 35 tahun 2009 jo pasal 132 ayat (1) UURI No 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

Putusan hakim dibacakan dalam persidangan terbuka untuk umum yang digelar di Pengadilan Negeri Simalungun secara virtual, Rabu (8/9/2021).

Sebelumnya, kedua terdakwa masing masing dituntut 6 tahun denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan penjara oleh jaksa Juna Karokaro SH dari Kejaksaan Negeri Simalungun.

Menurut hakim, faktanya kedua terdakwa ditangkap anggota polisi Satnarkoba Polres Simalungun pada Selasa 16 Maret 2021 pukul 14.00 Wib di dalam rumah terdakwa Muhammad Dinur di Jalan Rajamin Purba kelurahan Perdagangan III Kecamatan Bandar.              

Polisi M Yunus Manurung, Andi Nainggolan, Afrido Tampubolon yang sudah mendapat informasi dari masyarakat jika di Jalan Rajamin Purba sedang terjadi jual beli narkotika jenis sabu.

Ketika dilakukan penggeledahan yang disaksikan Gamot setempat Subroto, polisi menemukan 11 paket sabu dari dalam lemari di kamar tidur milik Muhammad Dinur dan uang Rp 100 ribu dari genggaman tangannya.

Sementara dari terdakwa Syahputra ditemukan satu paket sabu yang baru saja dibeli seharga Rp 100 ribu dari Muhammad Dinur. Bersama barang bukti sabu tersebut kedua terdakwa diserahkan ke Satnarkoba Polres Simalungun untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Hal yang memberatkan para terdakwa karena tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sedangkan hal meringankan nya karena menyesali perbuatannya. 

Atas putusan majelis hakim,terdakwa didampingi pengacara Bismar Siahaan SH menyatakan pikir-pikir. Persidangan dibantu panitera Jonathan Sinaga SH dinyatakan selesai dan ditutup.