TOBA, HETANEWS.com - Pemerintah Desa Pardomuan, Kecamatan Ajibata bersama kelompok masyarakat [Pokmas] Toba Berjaya, menggali potensi wisata yang masih tersembunyi di wilayah itu.

Kali ini wilayah tersebut dipromosikan oleh komunitas Motor Trail, sebagai salah trek penghobi olahraga motor ekstrim, di lapangan Desa Pardomuan Dusun 1 Sijambur, Kecamatan Ajibata Kab Toba, Minggu (5/9/2021).

Treknya cukup eksotis, dengan daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 1000 mdpl, disuguhkan dengan view Danau Toba, hamparan sawah yang hingga sungai.

Perjalanan dimulai dari lapangan Desa Pardomuan kemudian ada jalan kecil yang berlumpur dan berpasir, menurun terjal, menanjak dan jalan bebatuan sejauh puluhan kilometer.

Trek memukau

Anggota komunitas trail Jagad Medan, Ipin Bungsu, berharap trek yang dilewati memberi kepuasan tersendiri yang menantang baginya hingga finish.

"Kita berharap peserta off-road kali ini menikmati trek yang disuguhkan dan berharap event ini berkelanjutan demi mempromosikan pariwisata Danau Toba," kata Ipin.

Hasmi pemotor trail yang berasal dari Aceh, mengaku kagum setelah melintasi jalan ekstrim sambil menikmati hamparan bentang alam Danau Toba.

Momen itu dimanfaatkan sambil berswafoto bersama para penonton berlatar pemandangan alam Danau Toba.

"Trek indah yang ekstrim ini di padu panorama alam Danau Toba di dampingi wanita cantik menambah kenikmatan menghilangkan kepenatan melewati trek," ujar Hasmi.

Baca juga: Sambut Kelahiran Anak Pertama Dengan Mandekkei

Peserta Ekstrim Rantau Prapat, Vito Siregar didampingi Jatra Ginting, dari komunitas CDM (Cakapcakap Do Mulana) sama sama mengakuI trek yang ada sangat memukau.

"Trek memiliki jalur ekstrim yang puas, padat berlemak yang menimbulkan gaya salto sehingga membuat offroader extra hati hati, dan memacu adrenalin" kata Vito Siregar, menghela nafas sambil menunjukkan motor trailnya yang sedikit butuh perbaikan.

Temanya, Jatra Ginting berharap pandemi segera berakhir sehingga kegiatan trail seperti ini terus dilaksanakan di Kawasan Danau Toba karena banyak potensi trek yang menantang dan memukau.

Promosi wisata

Menurutnya  kegiatan ini salah satu cara memperkenalkan wisata Danau Toba kepada khalayak.

Kepala Desa Pardomuan, Tambatua Sirait, selaku Panitia lokal bersama tim Pokmas, terus berkomitmen untuk menggandeng pihak lain yang mau mempromosikan wisata di desanya.

"Event ini merupakan salah satu cara kita mengangkat dan menggabungkan kembali wisata alam Danau Toba di tengah keterpurukan selama pandemi dan secara khusus membuat terobosan menggali potensi wisata Desa Pardomuan Ajibata, untuk disuguhkan kepada peserta yang datang dari berbagai tempat dengan trek menantang melalui jalur pegunungan, Hamparan sawah, Bukit senyum nan indah, sungai dan Pemandangan alam Danau Toba," ungkap Sirait.

Menurutnya, Pandemi Covid-19 bukanlah suatu momok dan kendala untuk tidak mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Kata dia, wisata desa harus mulai berbenah dengan berbagai cara dan kegiatan yang dilaksanakan.

"Kita harus patuh pada protokol kesehatan, dalam kegiatan ini kepada seluruh peserta dan crew tetap menerapkan prokes yang ketat, membawa dokumen vaksin dan swab antigen dan mengharuskan swab antigen saat tiba sebelum start di lokasi kegiatan, memakai masker dan menjaga jarak.

Toba Berjaya Trail Adventure Camp digawangi para inspirator dan inovator, Candro Manurung sebagai Penasehat, Ketua Harian Tambatua Sirait Kepala Desa Pardomuan Ajibata dan Ketua Penyelenggara Trail Bornok Simanungkalit.

Baca juga: Desa Pardomuan Ajibata Bikin Destinasi Wisata Alam Baru di Sijambur