SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Warga Girsang Sipanganbolon (Girsip) mengapresiasi Operasi yustisi atau Razia prokes oleh pihak kepolisian saat para petinggi negara berkunjung ke Kota Wisata Parapat.

Pada kesempatan itu, warga juga berharap dan minta petugas dan pihak pihak terkait  agar serius dan konsisten berkelanjutan melakukan operasi yustisi demi mencegah penyebaran Covid 19 di Wilayah Parapat, dan jangan dilakukan hanya saat petinggi negara datang ke Parapat, tapi kalau bisa dilakukan setiap hari tanpa tebang pilih waktu dan tempat baik warga setempat maupun pejabat dan termasuk tamu pengunjung ke Parapat.

Salah seorang Warga Parapat Br Sinaga saat melewati giat operasi yustisi kepada wartawan, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi razia prokes yang dilakukan Personil Polres Simalungun yang telah mengingatkan warga melalui operasi yustisi di Parapat, Jumat (03/09/2021).

"Kita apresiasi pihak petugas yang melakukan razia prokes, kita secara langsung di ingatkan pemakaian masker saat keluar rumah, tapi janganlah hanya sebatas formalitas semata saat petinggi negara melewati Parapat, alangkah bagusnya berkelanjutan untuk mengawasi pengendara, pengunjung dan warga Parapat keseluruhan, untuk mempertegas razia prokes dan penyakit masyarakat lainnya," pinta Br Sinaga.

Dia juga meminta pihak pemerintah Kecamatan dan Kabupaten turut serta dan serius dalam menegakkan protokol kesehatan yang saat ini banyak warga yang tidak taat dalam memakai masker, berkerumun dan termasuk di kegiatan adat, bahkan juga di kegiatan resmi seperti pasar/pekan dan bahkan saat vaksinasi.

Seperti diketahui, Tim Satgas penertiban penanganan covid 19 Polres Simalungun telah menggelar razia Operasi Yustisi  di depan Mapolsek Parapat pada hari Jumat Pagi (03/09/2021). 

Setiap warga yang melanggar  protokol kesehatan (Prokes) dilakukan penindakan hukum secara fisik, yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, melakukan Push up, dan mengucapkan Pancasila, Selanjutnya petugas juga membagikan masker kepada kurang lebih 30 orang warga yang terjaring operasi saat itu. 

Salah seorang Personil operasi Yustisi, Kanit KBO Sat Sabhara Polres Simalungun Iptu BL Tobing menjelaskan kepada wartawan, bahwa kegiatan razia operasi yustisi Covid 19 akan rutin dilakukan diwilayah hukum Parapat, Mengingat kota turis Parapat adalah salah satu objek wisata dimana pengunjung berasal dari berbagai daerah. 

"Kegiatan operasi Yustisi Covid-19 ini atas perintah Bapak Kapolres Simalungun, Mengingat Kabupaten Simalungun memasuki penerapan PPKM level 3 sehingga disarankan masyarakat tetap menaati protokol kesehatan, dan apabila masih ditemukan pengunjung mau pun masyarakat tidak menaati prokes maka akan dilakukan tindakan displin," ucapnya.

Amatan media di lokasi Operasi yustisi depan Mapolsek Parapat di gelar mulai Pagi hingga siang hari, namun setelah itu hingga sore hari pihak petugas tidak terlihat melakukan penertiban lagi di lokasi.