Siantar, Hetanews.com - UH warga jalan Tanah Jawa Kota Siantar, ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik dalam kasus dugaan pembakaran rumah salah seorang wartawan media online di Siantar, Bemby Lubis.

Berkas tersangka UH bersama 5 tersangka lainnya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Pematangsiantar oleh JPU Selamat Riyadi Damanik SH, Selasa (31/8). 

"Berkas tersebut sudah dilimpahkan ke Pengadilan oleh jaksanya, untuk segera disidangkan," jelas Kasi Intel Kejari Siantar Rendra Yoki Pardede SH MH ketika dikonfirmasi siang itu.

Sebelumnya, UH bersama 5 tersangka lainnya dan barang bukti diserahkan penyidik Polresta ke jaksa pada Kamis (19/8) lalu. Lalu para tersangka ditahan di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar.

Kasi Intel Rendra Yoki Pardede SH MH bersama Kasi Pidum Edi Tarigan SH menjelaskan jika, pemberkasan sudah dinyatakan lengkap. Selanjutnya akan segera disidangkan.

Kepada 6 tersangka dijerat dengan pasal 187 jo pasal 55 (1) ke-1 KUHP. Dugaan pembakaran rumah Wartawan Bemby Lubis yang terjadi pada 29 Mei 2021 sekira pukul 03.15 wib dinihari di jalan Jorlang Hataran Kelurahan Simarito.

Diduga korban Bemby sering menyiarkan berita terkait peredaran narkotika. Terduga pelaku pembakaran ada 8 orang, namun 2 orang dinyatakan DPO, jelas Rendra. 

Warga juga berharap kepada kejaksaan dan pengadilan negeri Siantar agar bertindak tegas terhadap UH agar kedepannya menjadi pembelajaran bagi mereka yang ingin bertindak kriminalitas, apalagi terhadap jurnalis.