Siantar, Hetanews.com - Hakim tunggal Irma Nasution SH menghukum pemilik usaha Bakso Lava di jalan Radjamin Purba dengan denda Rp.300 ribu kurungan 3 hari. Namun, pidana kurungan 3 hari tak perlu dijalani dengan masa percobaan 6 hari.

Artinya selama 6 hari tidak melakukan tindak pelanggaran yang lain terkait PPkM. Jika terbukti melanggar maka langsung dihukum 3 hari kurungan, jelas hakim.

Pemilik usaha ataupun penanggungjawab bakso lava Azra Wita Andriana terbukti melanggar pasal 13 Perda Provsu No.1 tahun 2021 tentang penegakan disiplin dan penegakan hukum Prokes dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19 dan juga intruksi Walikota No 440/4161/VIII/2021 tentang PPKM level 4 Covid 19.

Terdakwa M. Fahmi Nasution selaku penanggungjawab cafe Abah jalan Jawa Kelurahan Bantan Siantar Barat juga dihukum sama. Denda 300 ribu plus kurungan 3 hari.

Menurut saksi Rizal pada 29 Agustus 2021 melalui satgas melakukan patroli, di cafe Abah masih berkumpul kumpul pada pukul 21.40 wib. Cafe tersebut masih beroperasi meski sudah diberi peringatan.

Petugas langsung membubarkan dan melakukan swab kepada karyawan dan juga pengunjung.

Sedang pelanggaran di usaha bakso lava karena ditemukan pengunjung duduk 6vorang dalam 1 meja. Seharusnya sesuai Prokes hanya 2 orang.

Sebelumnya, petugas Satgas Covid telah memberikan peringatan secara lisan dan tulisan, kata saksi di depan hakim.